Bupati Maros Dilantik 26 Februari, Gubernur Bocorkan Konsepnya

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (FOTO: DOK)

MAROS, MM – Akhirnya ada jadwal untuk pelantikan bupati dan wakil bupati Maros. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah membeberkan bahwa prosesi itu akan dilakukan Jumat, 26 Februari 2021. Maros dijadwalkan sama dengan pelantikan kepala daerah dari 10 kabupaten/kota lainnya.

“Surat kita untuk pelantikan direstui. Nanti pelantikannya di Makassar, ibu kota provinsi,” tutur Nurdin, Senin, 22 Februari 2021.

Read More

Surat yang dimaksud mantan bupati Bantaeng itu adalah surat Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Di dalamnya ada pula permohonan agar pelantikan dilakukan secara langsung. Tidak secara virtual seperti edaran pemerintah pusat.

Nurdin juga mengaku sudah bertemu dengan Dirjen Otonomi Daerah, Akmal Malik. Membahas mekanisme pelantikan.

Nurdin menegaskan pelantikan akan digelar 26 Februari. Surat keputusan dari Kemendagri bakal dikirim sehari sebelumnya.

Nantinya, kata Nurdin, hanya wali kota dan wakil wali kota, bupati dan wakil bupati terpilih yang akan hadir di Makassar. Pendukung bisa menyaksikan secara virtual. Begitu pun media.

“Pesertanya tidak lebih dari 25 orang. Jadi masing-masing (pendukung) di daerah menunggu, yang kesini hanya bupati, wakil bupati beserta seluruh ketua penggerak PKK,” ujarnya.

Dari 12 daerah yang menggelar Pilkada di Sulsel, hanya 11 daerah yang akan dilantik Jumat mendatang. Hal tersebut lantaran masa jabatan untuk bupati Toraja baru selesai pada Maret 2021.

Namun, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Maros, Andi Davied Syamsuddin mengaku belum menerima jadwal. Begitu juga petunjuk pelaksanaan teknis pelantikan.

“Belum ada,” ucapnya. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts