Berkunjung ke Rammang-rammang, Chaidir Lihat Pembuatan Pupuk Guano

Chaidir Syam menyaksikan pembuatan pupuk organik oleh kelompok wanita tani Rammang-rammang, Rabu, 24 Februari 2021. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Usai menghadiri musrenbang di Kecamatan Mandai, Rabu, 24 Februari 2021, bupati terpilih Kabupaten Maros, Chaidir Syam ke bertolak ke kampung karst Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa.

Ia bersama rombongan berkeliling. Mengunjungi sejumlah tempat antara lain kampung Berua, Rumah Belajar Komunitas Anak Sungai, dan Kafe Rumah Ke-2.

Read More

Tidak ada agenda khusus di sana. Setibanya, pria 44 tahun itu berkeliling menggunakan perahu kayu khas yang biasa digunakan warga setempat untuk mengantar wisatawan.

Setelah berkeliling, politikus PAN itu kemudian mampir di Kafe Rumah Ke-2 milik Iwan Dento, aktivis lingkungan. Ia banyak berbincang ringan sekaligus menyaksikan proses pembuatan pupuk organik cair oleh wanita tani Rammang-Rammang.

“Senang sekali beliau bisa menyempatkan mampir menyaksikan pembuatan pupuk organik cair guano,” kata peraih nominator penghargaan Kalpataru 2020 itu.

Pupuk guano adalah pupuk organik yang bahan dasar utamanya adalah kotoran kelelawar yang bermukim di gua-gua karst Rammang-rammang.

Menurut Iwan, kehadiran bupati terpilih menjadi tambahan semangat bagi dirinya dan warga dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa mereka.

“Tentunya ini menjadi spirit bagi kami untuk tetap bergerak secara bersama,” tutupnya.

Kehadiran Chaidir disambut antusias oleh warga setempat. Beberapa di antaranya mengambil kesempatan untuk foto bersama. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts