Akhirnya Pemain Game Online di Maros Punya Wadah, Diakui KONI

Pengurus ESI Maros dilantik, Sabtu, 27 Februari 2021. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Anda pemain game online dan tinggal di Maros? Sudah ada wadah resminya di kabupaten ini. Yakni Esports Indonesia (ESI), di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Pengurus ESI Maros dilantik Sabtu, 27 Februari 2021, di Ballroom Krakatau, Hotel Horison Ultima, Makassar, oleh Ketua ESI Sulsel, Brigjen TNI Wing Handoko.

Namun, pelantikan pengurus beberapa kabupaten/kota hanya diwakili pengurus ESI Makassar. Lainnya via Zoom, termasuk Maros. Pengurus ESI Maros berkumpul di Baruga B Kantor Bupati  Maros.

Ketua ESI Maros, Jumaedi usai dilantik mengatakan, kehadiran wadah resmi olahraga digital sudah sangat perlu. Sebab, ponsel bahkan telah menjadi kebutuhan utama.

“Khususnya anak muda zaman ekarang. Mereka lebih kompeten dan masif bermain game di handphone. Nah, di sinilah ESI menjadi wadah. Banyak di antara mereka yang punya bakat terpendam,” sebutnya.

Sejak 27 Agustus 2020, Kementerian Pemuda dan Olahraga maupun KONI secara resmi mengakui e-sport sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia. Cabang ini pun sudah bisa dipertandingkan di kompetisi tingkat nasional, semisal Pekan Olahraga Nasional (PON).

Jumaedi menjelaskan, e-sport merupakan permainan video game yang bersifat kompetitif. Jika sebelumnya e-sport identik dengan game untuk PC dan konsol, kini telah menjamah ranah mobile.

Edy, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa ESI Maros akan melakukan penjaringan atlet dan tim untuk kemudian dibina untuk menjadi pemain profesional.

“Kita juga akan mendata tim-tim yang ada, termasuk terlibat langsung pada turnamen-turnamen yang digelar di Maros,” imbuhnya.

Pelantikan yang digelar di Maros dihadiri Wakil Ketua KONI Maros, Ansar Mugenang. (fik) 


Penulis : | Editor :

Related posts