Truk Kelebihan Muatan Biang Macet, Jembatan Timbang Maccopa Disorot

Jembatan Timbang Maccopa. Gambar diabadikan Senin, 8 Maret 2021. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Warga Maros maupun warga dari daerah lain yang melintasi Jalan Poros Camba ramai mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah. Tudingan pun mengarah kepada truk-truk yang diduga over load atau kelebihan muatan.

Tudingan makin kencang setelah Sabtu lalu dua truk dengan muatan ekstra, mogok pada dua lokasi berbeda di jalanan yang masuk kawasan Cagar Alam Karaenta, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Akibatnya adalah kemacetan panjang dari pagi hingga pagi kembali.

Read More

“Lima jam baru bisa tembus cagar alam. Biasanya hanya 20 menit,” ujar Syarifuddin, salah seorang pengendara yang terimbas macet.

Korban kemacetan lainnya, Sultan Makkawaru mengaku harus memutar balik karena tak sanggup terlalu lama di jalanan akibat salah satu truk yang mogok karena asnya patah.

Azis, warga lainnya juga yakin penyebab utama kerusakan jalan adalah kendaraan dengan tonase besar. “Bisa kita perhatikan, utamanya jalan trans yang rusak karena mungkin kualitas bahan yang tidak sesuai ditambah dengan dilintasi truk yang mengangkut muatan berlebihan,” katanya, Senin, 8 Maret 2021.

Azis pun menjadi saksi kemacetan akibat truk rusak akhir pekan lalu. Kejadian yang berulang-ulang. “Muatannya mungkin terlalu berat, jadi susah menanjak. Apalagi di jalur pendakian dan sempit,” sebutnya.

Anggota DPRD Maros dari daerah pemilihan (dapil) 3, Rusli Rasyid, pun meminta pengawasan terhadap truk-truk yang akan melintas perlu diperketat.

“Sering saya lihat utamanya saat tengah malam banyak truk yang parkir di sekitar Jembatan Timbang Maccopa. Saya tidak menyalahkan pengelola jembatan tapi semestinya pengawasan perlu lebih ekstra lagi,” katanya.

Ketua Partai Hanura Maros itu juga sepakat bahwa tidak sedikit sopir truk yang nakal dengan membawa muatan yang melebihi kapasitas mobilnya. Begitu juga dengan surat-surat kelengkapan.

“Saya kira banyak seperti itu, mereka parkir dulu setelah petugas sedikit lengah baru melintas. Tengah malam atau dini hari,” ucapnya.

Sampai berita ini diturunkan, pengelola Jembatan Timbang Maccopa belum memberikan pernyataan. Permintaan konfirmasi MataMaros.com disambut dengan kalimat, “Pimpinan sedang ke Makassar.”

“Besok datang lagi,” ucap salah satu petugas di jembatan timbang tersebut. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts