Keturunan Puwatta La Patau dari Seluruh Dunia Jadwalkan Pertemuan Akbar

Andi Fahry Makkasau (kiri) bersama putranya. (FOTO: DOK)

MAKASSAR, MM – Anak cucu keturunan PYM Puwatta La Patau Matanna Tikka Raja Bone XVI dari seluruh dunia akan bertemu tahun ini. Lokasinya di Fort Rotterdam dan dijadwalkan berlangsung Agustus 2021.

Kegiatan itu bertajuk Pertemuan Akbar Sedunia Wijanna Puwatta La Patau Matanna Tikka Sultan Alimuddin Idris Matinroe ri Naga Uleng Mangkau (Raja) Bone XVI.

Read More

Humas panitia, Andi Fahry Makkasau menjelaskan bahwa panitia pelaksana telah terbentuk. Terdiri atas perwakilan rumpun keturunan Puwatta La Patau dari berbagai daerah.

“Konferensi pers bahkan sudah disiapkan. Insyaallah 11 Maret 2021,” beber Fahry, Selasa, 9 Maret 2021.

Konferensi pers akan dilakukan di Fort Rotterdam. Ketua panitia, Andi Bau Irman Mappanyukki akan tampil memberi penjelasan kepada awak media. Bersama Andi Kumala Idjo (Pelaksana Raja Gowa) dan Andi Baso Hamid (Pemangku Adat Kerajaan Bone).

Fahry menjelaskan, PYM Puwatta La Patau Matanna Tikka Raja Bone XVI yang dikenal dengan gelar anumerta Matinroe ri Naga Uleng ini adalah seorang raja besar. Menjadi simpul leluhur dari hampir semua kaum bangsawan Bugis Makassar yang kini tmenyebar di seluruh dunia.

Anak cucu keturunan Puwatta La Patau terdiri atas berbagai kalangan maupun profesi. Antara lain yang sekarang terkenal adalah Pangdam dan Kasdam Hasanuddin, mantan Menteri Pertanian RI, Plt Gubernur Sulsel sejumlah bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota.

“Potensi besar keluarga inilah yang ingin direkatkan kembali. Agar satu dengan yang lain sesama keturunan Puwatta La Patau dapat terus terjalin silaturahmi dan hubungan kekeluargaan,” tambah mantan wakil ketua DPRD Maros itu.

Meski jadwal pasti belum diputuskan, Bupati Bone Andi Baso Fashar Padjalangi telah menyatakan kesediaannya menjadi tuan rumah.

Andi Bau Irman Mappanyukki optimistis dapat menghadirkan ribuan keturunan Puwatta La Patau dari seluruh penjuru dunia. (*/ast) 

Penulis : | Editor :

Related posts