Ustaz Syam Asal Maccopa Nikahi Selebgram Cantik, Begini Kisah Taarufnya

Ustaz Syam dan Jihan Salsabila. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Syamsuddin Nur Makka terlihat grogi saat dipertemukan dengan perempuan yang baru saja dinikahinya, beberapa menit yang lalu, Jumat, 12 Maret 2021. Pembaca acara ijab kabul sampai harus mengingatkan bahwa sekarang Jihan sudah jadi istrinya. Sudah halal.

Para undangan pun tersenyum. Ada yang tertawa. Mempelai laki-laki yang lebih dikenal dengan sebutan Ustaz Syam El Marusy itu juga tersipu.

Yang jelas, resmilah sudah Syam menjadi suami Jihan. Akhir dari pencarian panjang sang pendakwah dan presenter acara Islam Itu Indah di Trans TV.

Lantas, bagaimana proses perkenalan pria kelahiran Maccopa, 15 September 1992 itu dengan Jihan, sang selebgram cantik?

Rupanya diawali dari TikTok. Syam menggunakan aplikasi itu untuk video-video dakwah. Dia memanfaatkan 2,8 juta follower untuk menyamai pesan-pesan agama. Begitu juga dengan Jihan.

Syam melihat beberapa video Jihan dan mulai penasaran. Dia pun mengajak taaruf. Berkenalan. Setelah dua kali pertemuan, Syam langsung mengajukan lamaran dalam tempo 14 hari.

Keputusan itu tak lepas dari latar belakang Jihan yang ternyata sangat agamis. Orang tuanya adalah pemilik sebuah pesantren.

Jihan Salsabila memiliki 147 ribu followers di Instagram. (FOTO: IST)

“Saya lihat Instagram-nya juga ada foto keren rumah tahfiz, segala macam,” kata Syam.

Sang ustaz pun komen di situ. Bertanya di mana lokasi. Jihan menjawab dengan ajakan datang, memberi motivasi kepada para santri.

Syam pun datang. Saat itu 14 Februari 2021. Syam mengenang bahwa waktu tersebut cukup membuatnya malu. Sebab dia masih berpakaian olahraga di mobil. Rencananya baru mau ganti baju begitu tiba. Namun penjemputnya datang cepat. Syam tak sempat menukar pakaian.

Begitu turun, Syam mengaku mendapati Jihan sama cantiknya dengan di media sosial. Foto-fotonya ternyata tanpa filter yang “menipu”.

Kini mereka sudah menikah. Kemarin akadnya di Bekasi. Sedangkan Syam menggelar mappacci-nya di kediamannya di Maccopa, Maros, pekan lalu. Ustaz Maulana hadir membawakan ceramah.

Acara mappacci di Maccopa. (FOTO: IST)
Akad nikah Ustaz Syam di Bekasi. (FOTO: TRANS TV)

M Zulkifli HM, tetangga sekaligus sahabat Syam di Jalan Garuda, Maccopa, menuturkan bahwa acara mappacci Syam haru biru. Ada sedihnya, ada kocaknya juga karena ceramah Ustaz Maulana yang menghibur.

“Kami juga bahagia karena Ustaz Syam tidak pernah lupa dengan Maccopa, walaupun sudah sukses di ibu kota,” ujar pria yang akrab disapa Ijul itu.

Ijul bercerita, sejak kecil Syam fokus pada hafalan Alquran. Dia belajar pada sebuah pondok tahfiz di Makassar.

“Dia lima bersaudara. Tiga laki-laki dan dua perempuan. Semuanya hafiz, masyaallah,” tambahnya.

Ijul mengungkapkan bahwa sampai sekarang Syam rutin pulang ke Maccopa. Termasuk saat Ramadan, sekaligus jadi imam salat di masjid dekat rumahnya.

“Mungkin tidak banyak yang tahu juga, Ustaz Syam suka sepak bola. Senang main futsal. Klub idolanya Real Madrid. Hehehe,” kata Ijul.

Syam mengawali karier di televisi saat menjadi penulis naskah Ustaz Maulana di acara “Islam Itu Indah”. Suatu ketika Maulana pergi umrah, Ustazah Oki Setiana Dewi yang mengganti.

Oki kala itu mengajak Syam ikut menyampaikan ceramah. Nah, sejak saat itu Syam melejit dan sampai kini menjadi pengisi tetap program unggulan tersebut. (mal) 

Penulis : | Editor :

Related posts