Pemkab Buat Musrenbang Khusus Anak, Perempuan, dan Penyandang Disabilitas

Musrenbang di Baruga A Kantor Pemkab Maros, Senin, 15 Maret 2021. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Pemkab Maros menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) khusus untuk perempuan, anak, dan penyandang disabilitas, Senin, 15 Maret 2021. Lokasinya di Baruga A Kantor Pemkab Maros

Bupati Maros, Chaidir Syam dalam sambutannya mengatakan, musrenbang ini dilakukan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan.

Read More

“Berkeadilan untuk semuanya. Kaum perempuan, forum anak, dan juga penyandang disabilitas,” ujarnya.

Setelah pembukaan, peserta dari ketiga kelompok melakukan rembuk. Membuat poin-poin usulan yang selanjutnya disampaikan kepada pemerintah daerah.

Salma, mewakili perempuan sektor ekonomi dan UMKM menyampaikan keluhannya terkait pelaku usaha mandiri. Dia merasa belum ada perhatian pemerintah terhadap pelaku usaha mandiri.

“Mudah mudahan pemerintah juga memperhatikan para pelaku usaha mandiri” ujarnya.

Untuk UMKM, dia menyebut bahwa perempuan yang membuat usaha akan lebih berdaya jika produknya sudah bagus pengemasannya. Makanya dia mengusulkan pemerintah memfasilitasi.

Terdapat juga sejumlah usulan terkait anak dan penyandang disabilitas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros, Idrus menuturkan sejak 2019 sudah ada beberapa perda yang memastikan kenyamanan anak, perempuan, dan penyandang disabilitas.

“Namun musrenbang ini perlu agar kita bisa tahu kendala mereka apa. Problem mereka apa,” ucapnya.

Usulan-usulan ketiga kelompok masyarakat itu akan ditampung lalu dibawa ke acara Forum OPD, Selasa, 16 Maret 2021.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari, Kepala Bappeda Maros Muhammad Alwi, Kepala Dinas Sosial Maros Prayitno, hingga anggota DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB. (ast) 

Penulis : | Editor :

Related posts