Dinas PUPR Sebut Banjir di Griya Nur Azila karena Drainase Tersumbat

Warga perumahan Griya Nur Azila sudah dua kali mengalami banjir dalam tiga bulan terakhir. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Rasa was-was warga perumahan Griya Nur Azila, Desa Marumpa, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, akan banjir susulan masih menghantui. Pangkal persoalan masih dicari.

Ketua Komisi II DPRD Maros, Amran Yusuf, mengatakan, pihaknya sudah ingin melakukan peninjauan. Namun harus menganalisis terlebih dahulu sejumlah dokumen.

Read More

“Ada beberapa dokumen yang akan diperiksa,” katanya, kemarin.

Namun, imbuh politikus Partai Hanura itu, dokumen yang diperlukan ternyata rusak terendam air saat Kabupaten Maros dilanda banjir besar pada 2018 lalu.

“Informasi dari dinas terkait (PUPR) begitu. Jadi, kita masih menempuh upaya lain,” tambah Amran.

Pihaknya mengaku tidak ingin gegabah. Sebelum ada dokumen pendukung, dasar dari pembangunan perumahan dan juga kompleks pergudangan milik pengusaha Ronald Gazali yang dituding warga sebagai biang banjir.

“Dokumen PL banjir kita mau analisis dulu. Kemudian kita lihat seperti apa duduk persoalan ini,” tandasnya.

Plt Kadis PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Maros, Muetazim mengatakan, pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada developer perumahan dan pemilik kompleks pergudangan terkait PL banjir.

“Pastinya dari kami itu ada. Tetapi, bisa saja tidak digunakan oleh pengembang,” ucapnya.

Mutaziem berpendapat, banjir yang melanda warga perumahan Griya Nur Azila bukan karena kajian PL banjir, melainkan drainase yang tidak berfungsi semestinya.

“Coba DPRD minta PL banjir kedua pihak. Apa sesuai tidak dengan yang kami rekomendasikan,” tambah Muetazim.

Ia mengaku pihaknya saat ini juga tengah berupaya mencari solusi.

Warga perumahan Griya Nur Azila sejak Januari sampai Maret 2021 sudah dua kali kebanjiran. Banjir diduga terjadi lantaran drainase tersumbat, tertutupi material proyek di sekitar perumahan dan juga tembok kompleks pergudangan. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts