Besok… Kopumdag Kumpul Agen Elpiji 3 Kg, Ingatkan HET Rp18.500

Elpiji 3 kg marak dijual di atas HET. (FOTO: DOK)

MAROS, MM – Tujuh agen elpiji tiga kilogram di Kabupaten Maros bakal dikumpulkan oleh Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Kopumdag) Kabupaten Maros, Jumat, 16 April 2021 di kantor Kopumdag Maros.

Agen-agen itu adalah PT Delima Emas Gasindo, PT Maros Jaya, PT Alatengae, PT Roslia Intan Rahim, PT Prima Lima Putra, PT Taman Energi Indonesia, PT Mahendra Gas Utama.

Read More

Kepala Dinas Kopumdag Maros, Kamaluddin Nur mengatakan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pergub Sulsel nomor 11 tahun 2021 mengenai pedoman penetapan HET (harga eceran tertinggi) elpiji tiga kilogram.

“Kita ingin sampaikan harga elpiji tiga kilogram yang sesuai HET,” katanya.

Agenda lain, kata Kamaluddin, akan dilakukan penyamaan persepsi terkait kesesuaian harga. “Mengingat Maros ini punya wilayah pegunungan yang tentu aksesnya cukup jauh,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel menetapkan harga eceran tertinggi (HET) terbaru Liquiefed Petroleum Gas (LPG) atau elpiji 3 kg menjadi Rp18.500. Sebelumnya Rp15.500.

Namun menyataannya banyak pengecer yang menjual jauh di atas HET. Di Kabupaten Maros rata-rata toko menjual elpiji 3 kg seharga Rp22.000.

Mantan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Maros itu mengakui ada yang mempengaruhi harga jual di pasaran. “Misalnya zona Camba dan Mallawa, kan jauh. Sehingga, tentu mereka mempertimbangkan biaya angkutnya ke wilayah tersebut,” tutupnya. (suf)


Penulis : | Editor :

Related posts