Sehat Saat Berpuasa, Ini Asupan Rekomendasi Dokter Koboi

Wachyudi Muchsin. (FOTO: DOK)

MAKASSAR, MM – Pilihan asupan yang baik dan tepat akan memudahkan dan menyehatkan Anda menjalankan ibadah puasa. Untuk sahur hingga berbuka, dr Wachyudi Muchsin MKes punya tipsnya.

Pada prinsipnya, kata Yudi, makanan dan minuman yang tepat saat puasa itu adalah yang  tidak membuat kita dehidrasi dan kelaparan serta tidak menggangu pencernaan.

Read More

“Dalam berbuka puasa, mesti mengonsumsi makanan dengan penghasil energi yang baik terlebih dahulu. Misalnya, kurma dan buah-buahan segar lainnya,” kata Yudi, Kamis, 15 April 2021.

Setelah itu, saran pria berjuluk Dokter Koboi itu, Anda boleh mengonsumsi makanan utama, seperti nasi, lauk pauk, dan sayuran untuk mengisi energi dalam tubuh.

Dia juga menjelaskan pentingnya air putih saat buka puasa. “Hindari konsumsi teh, kopi, dan minuman yang bersoda. Sebab, dapat mengakibatkan efek duretik dan cepat haus,” jelasnya.

Pria yang juga Kabag Humas dan Kerja Sama Universitas Islam Makassar (UIM) itu menyebut jumlah konsumsi air putih seharusnya.

“Minimal 8 gelas saat berbuka puasa hingga sebelum tidur,” ucap Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar itu.

Pilihan makanan dan minuman yang baik, imbuhnya, akan membuat badan tetap sehat dalam menjalankan aktivitas di bulan puasa. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, tubuh harus tetap sehat.

Dia juga merokemendasikan tidak minum es berlebihan. Agar tidak batuk atau demam sebab gejala mirip Covid-19. (abr) 

Penulis : | Editor :

Related posts