Mulai Hari Ini, Lima Sekolah di Maros Pembelajaran Tatap Muka

Bupati Maros, Chaidir Syam (tengah) menyerahkan perlengkapan pemenuhan protokol kesehatan kepada pihak sekolah. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MM)

MAROS, MM – Rabu, 21 April 2021, bertepatan Hari Kartini, Bupati Maros Chaidir Syam serta Wakil Bupati Suhartina Bohari yang mengenakan kebaya, membuka pembelajaran tatap muka tahap awal.

Lima sekolah itu terdapat di tiga kecamatan; Lau, Cenrana, dan Camba. Seremoni pembukaan dipusatkan di lapangan SMPN 40 Satap Langkeang, Kelurahan Mattirodeceng, Kecamatan Lau.

Read More

Chaidir menyampaikan bahwa sekolah yang dibuka hari ini, seluruh guru ataupun stafnya telah melakukan vaksinasi.

“Semoga dengan pengawasan beberapa pihak pelaksana, pembelajaran tatap muka tahap awal dapat berhasil,” ujarnya.

Jika berhasil pada tahap awal ini, dia menjanjikan selanjutnya akan dilakukan lagi pembukaan sekolah-sekolah lainnya.

Meski begitu, Chaidir bilang Pemkab Maros tidak memaksakan sekolah untuk segera melakukan pembelajaran tatap muka. Tetap harus melewati tahapan ketat untuk memenuhi 25 persyaratan.

Mantan ketua DPRD Maros itu juga mengingatkan setiap guru, staf, dan pihak terkait tetap menjalankan protokol kesehatan. Jika dalam pelaksanaannya ada yang terinfeksi Covid-19, pembelajaran tatap muka akan dihentikan.

“Protokol kesehatan tetap diberlakukan dengan ketat. Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, siswa diwajibkan pakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta diukur suhu tubuhnya. Siswa yang demam juga tidak dipaksakan untuk hadir dalam pembelajaran tatap muka,” tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, Takdir menjelaskan, pembelajaran tatap muka ini dilaksanakan setelah melalui musyawarah dengan Satgas Covid-19, Forkopimda, dan instansi terkait.

“Ada sosialisasi di 25 sekolah yang jauh dari kota,” kata Takdir.

Namun berdasarkan pertimbangan dari Dinas Kesehatan, hanya 5 sekolah yang dinilai memenuhi syarat. Lima sekolah yang mulai tatap muka langsung adalah SD 107 Langkeang, SMPN 40 Satap Langkeang, SDN 65 Malaka, TKN 10 Kuncup Mekar, dan TKS Pertiwi Camba.

Total ada 314 sekolah di Maros. Takdir mengungkapkan pembukaan sekolah dilakukan bertahap. Jika ada sekolah yang telah menuhi persyaratan pembelajaran tatap muka, maka mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan. (suf)

Penulis : | Editor :

Related posts