NEWS  

Heboh… Spanduk “Jangan Beli Mobil Sebelum Punya Garasi” di Perumnas

Spanduk di gerbang Perumnas Bumi Maros Indah dipotret Sabtu, 16 April 2022. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

MAROS, MM – Ada spanduk yang sedang jadi perbincangan di kalangan warga Maros kota maupun di media sosial. Spanduk itu membentang di Jl Tomalia Raya tepatnya di gerbang Perumnas Bumi Maros Indah alias Perumnas Tumalia.

Spanduk tersebut bertuliskan pesan yang menohok.

Tabe, siapkan garasinya dulu sebelum beli mobil. Jalan kompleks milik warga, bukan garasi mobil pribadi”.

Salah satu warga Perumahan Bumi Maros Indah, Gunandar, mengatakan, spanduk tersebut berawal dari keresahan warga terhadap aksi parkir sembarangan.

“Dan salah satu penyebab macetnya jalan poros Perumnas adalah banyaknya mobil yang parkir di kiri-kanan badan jalan,” katanya, Sabtu, 16 April 2022.

Apalagi saat ini, kata dia, Perumnas sering dijadikan jalur alternatif jika terjadi kemacetan di jalan poros Makassar-Maros.

Pemasangan spanduk tersebut dilakukan, Kamis, 14 April 2022 dan langsung menyita perhatian. Jadi unggahan cukup orang juga di media sosial. Di antara komentar, banyak yang mengaku punya masalah yang sama di kompleksnya.

“Kondisi ini sebenarnya telah terjadi sekitar tiga tahun. Kami melihat semakin hari semakin parah. (Pemasangan spanduk) itu kami lakukan agar bisa terhindarkan dari kemacetan,” tambahnya.

Ia mengklaim setelah pemasagan spanduk, kendaraan yang parkir sembarangan cukup berkurang drastis.

“Beberapa warga terlihat sudah memarkir mobil mereka secara teratur. Namun masih ada warga yang parkir sembarangan memang posisi rumahnya tidak memiliki garasi,” jelasnya.

Gunandar menilai, fenomena ini tidak hanya terjadi di Perumnas. Menjadi problem juga di beberapa kompleks. Makanya ia berharap bisa ditindaklanjuti pemerintah daerah.

“Misalnya dengan membuat aturan resmi terkait parkir di badan jalan, khususnya di wilayah kompleks,” imbuhnya.

Warga lainnya Ley, mengatakan sebelum melakukan pemasagan spanduk, pihaknya terlebih dahulu melakukan diskusi .

“Dan akhirnya warga berinisiatif untuk mencetak spanduk itu sendiri,” katanya.

Sebuah mobil tampak parkir di bahu jalan Perumnas. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

Namun hingga hari ini masih ada beberapa mobil pribadi yang parkir di tepi jalan. “Entah karena tidak punya garasi atau punya garasi tapi malas memasukkan mobilnya,” ucapnya.

Hebohnya spanduk bikin garasi dahulu sebelum beli mobil diharapkan bisa menyadarkan warga yang selama ini kerap parkir di badan jalan perumahan.

Pantauan MataMaros.com, memang masih ada beberapa kendaraan roda empat yang parkir di tepi jalan. (ast)