Rezeki Tak Ke Mana, PPPK Guru 2021 yang Lolos Passing Grade Bebas Tes Tahun Depan

Penyerahan SK untuk PPPK guru di Maros, beberapa waktu lalu. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Kabar baik di hari Jumat. Tenaga honorer guru yang memenuhi passing grade atau ambang batas pada seleksi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) 2021 namun tak mendapatkan formasi, akan bebas tes tahun depan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Maros, Andi Sri Wahyuni AB mengatakan, ada 254 orang di Maros yang memenuhi kriteria itu.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) Nomor 20 Tahun 2022 menjadi payung hukumnya. Para pelamar yang masuk kategori P1 itu akan langsung ditempatkan di sekolah yang membutuhkan.

Meski pelamar P1 tidak perlu mengikuti ujian, Sriwahyuni mengatakan bahwa mereka tetap harus melakukan pendaftaran secara online.

Rekrutmen PPPK pun akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Kabupaten Maros mendapat jatah 354 formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Terdiri atas 254 formasi guru, 55 formasi tenaga kesehatan (nakes), dan 45 formasi teknis. (ast)