NEWS  

HUT Ke-40, RSUP dr Tadjuddin Chalid Semakin Digital

Puncak peringatan HUT ke-40 RSUP dr Tadjuddin Chalid, Makassar. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — RSUP dr Tadjuddin Chalid, Makassar merayakan hari ulang tahunnya yang ke-40. Momentum yang ditandai dengan peningkatan kualiatas layanan.

Dengan bantuan dana PEN, RSUP dr Tadjuddin Chalid mampu melengkapi alat kesehatannya. Lebih canggih pula. Rumah sakit tersebut telah siap dengan alat baru seperti MRI, ESWL, mikroskop dan neuronavigasi, hingga laparaskopi.

Ketua panitia HUTK ke-40, dr Esa Lestary, Sp.OG, M.Kes menuturkan, ulang tahun yang jatuh pada 24 Desember 2022 memang memilih tema “Transformasi dan Integrasi Layanan Menuju Era Digital.

“Untuk kemeriahan, kita menggelar serangkaian kegiatan. Di antaranya bakti sosial dan perlombaan olahraga dan seni yang melibatkan pihak internal dan eksternal,” ujarnya, Senin, 26 Desember 2022.

RSUP dr Tadjuddin Chalid bertransformasi menghadirkan berbagai layanan kesehatan yang ditunjang dengan kemampuan digitalisasi. Rumah sakit ini telah memiliki SIM RS dalam menerapkan rekam medis elekteronik, serta memiliki sistem data dan informasi pelayanan kefarmasian (SIMPEL FAST: system pelayanan farmasi terintegrasi) pada pengolahan system inventory, system residu, system retur, dan e-Resep, serta e-Clinical Pathway dalam rangka kendali mutu kendali biaya dalam RS.

Saat ini terdapat empat layanan unggulan; bedah vaskuler, pelayanan kesehatan mata, rehabilitasi medik, dan geriatri.

Direktur Utama RSUP dr Tadjuddin Chalid, Prof dr. Mansyur Arif, Ph.D, Sp.PK(K) mengatakan, digitalisasi di bidang kesehatan sejauh ini telah dilakukan dengan berbagai platform.

Direktur Mutu Layanan Kesehatan RSUP dr Tadjuddin Chalid, dr Kalsum Komaryani, MPPM menambahkan, transformasi teknologi berbagai platform diharapkan dapat diakses datanya oleh semua stakeholder dan berbagai elemen masyarakat.

“Digitalisasi juga dilakukan untuk membuat biaya lebih terjangkau bagi pasien,” ujarnya.

Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sulsel, Ichsan Mustari memuji kinerja rumah sakit tersebut.

Puncak perayaan HUT ke-40 RSTC makin semarak dengan penampilan dari Tacha Band, Aty Kodong, dan pemotongan tumpeng serta pembagian hadiah dan doorprize. (abr)