NEWS  

Pejabat di Maros Terima Insentif PBB, Ada Camat Dapat Rp18 Juta

Bupati Maros, Chaidir Syam dan para penerima insentif tersenyum saat penyerahan simbolis, Senin, 30 Januari 2023. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

MATAMAROS.COM — Sejumlah pejabat di Maros ketiban rezeki awal tahun. Mereka mendapat insentif Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) karena mampu merealisasikan target 100 persen.

Bupati Maros, Chaidir Syam menuturkan, insentif memang hanya untuk yang berhasil mencapai target di atas 100 persen. Ada camat, kades, lurah, hingga kepala dusun dan ketua RT.

“Sebagai motivasi untuk mereka, karena telah berupaya keras mengumpulkan pajak,” ujar Chaidir, Senin, 30 Januari 2023.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Maros, Takdir membeberkan, total anggaran untuk pemberian insentif Rp865,9 juta. Ada 540 orang yang dapat.

Takdir menyebut insentif tertinggi di Kecamatan Mandai. “Untuk camatnya mendapat Rp18 juta,” ungkapnya.

Kecamatan Mandai memang menjadi pengumpul pajak tertinggi dengan total Rp12,6 miliar. “Di sana kan juga ada Grand Mall dan Bandara Sultan Hasanuddin,” ucap Takdir lagi.

Total PBB-P2 Kabupaten Maros yang berhasil terkumpul sepanjang 2022 sebesar Rp34 miliar. Empat kecamatan dengan persentase tertinggi penerimaan PBB-P2 adalah Kecamatan Mallawa, Cenrana, Camba, dan Mandai. (ast)