NEWS  

Geopark Half Marathon 2023, Tantangan Berlari di Kawasan Karst Terbesar Kedua Dunia

Pelari melintasi kawasan karst Maros, 2022 lalu. Tahun ini event yang sama digelar. (FOTO: DOK/VISITMAROS)

MATAMAROS.COM — Tiga ribu peserta ditargetkan berlari di ajang Geopark Half Marathon 2023. Mereka bakal mengelilingi kawasan geosite Maros-Pangkep, 25 Juni 2023.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Maros, Muh Ferdiansyah mengatakan, event tahunan ini sudah lama dinanti-nanti. Banyak pelari yang terus menanyakan.

“Sudah ditunggu-tunggu oleh para pelari dari berbagai daerah,” katanya saat konferensi pers dan sharing session di Gedung Mulo, Makassar, Selasa, 21 Februari 2023.

Konferensi pers dan sharing session Geopark Half Marathon 2023
di Gedung Mulo, Makassar, Selasa, 21 Februari 2023. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

Ferdi menambahkan, seluruh peserta akan didaftarkan asuransi. Berlaku hingga satu bulan setelah acara.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Suherman yakin event ini membangkitkan dunia wisata dan ekonomi kreatif pascapandemi.“Selain berolahraga juga bisa digunakan untuk mempromosikan keindahan alam,” ujarnya.

Makanya ia mengintruksikan panitia untuk mulai memasang spanduk mulai dari Maros hingga Pangkep.

General Manager Badan Pengelola Geopark Maros-Pangkep, Dedy Irfan mengatakan, para pelari atau runners akan berlari di kawasan karst terbesar kedua di dunia.

Selain promosi geopark, event ini kata Dedy juga akan membantu perekonomian masyarakat. Masyarakat bisa berjualan di sepanjang rute.

Ketua panitia Geopark Half Marathon 2023, Alfi Syahriana mengatakan, target 3.000 peserta jauh lebih banyak jika dibanding tahun lalu. “Saat ini pendaftar juga sudah mencapai 50 persen dari jumlah yang kami target,” ucapnya.

Pendaftaran peserta Geopark Half Marathon 2023 sudah mulai dibuka sejak 19 Februari lalu. Bahkan pemula dan profesional pun bisa ikut dalam event ini. Sebab ada tiga yang dibuka yaitu 5 K, 10 K, dan 21 K. Kemudian akan ada lima pemenang dalam kategori master.

Untuk biaya resgistrasi bagi kategori 5K sebesar Rp165 ribu. Kategori 10K sebesar Rp215 ribu, dan 21K sebesar Rp365 ribu. Pendaftaran kolektif juga dibuka bagi kalangan komunitas lari. (ast)