NEWS  

Amul Hikmah Budiman, Aktivis Asal Maros Paparkan Partisipasi Politik Pemuda di Nepal

Amul Hikmah Budiman berbicara pada International Youth Leader Summit di Kathmandu, Nepal. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Amul Hikmah Budiman, aktivis asal Kabupaten Maros menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia pada International Youth Leader Summit di Kathmandu, Nepal.

Alumni magister Unhas itu diundang untuk berbicara mengenai partisipasi politik pemuda. Peserta konferensi adalah puluhan pemuda Nepal dan beberapa pemuda dari berbagai negara.

Direktur Eksekutif Saoraja Institute Indonesia itu pun tampil di podium, Kamis, 23 Februari 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Nepal Leadership Academy ini bertemakan “Strengthening Political and Civic Youth Engagement for Democratic Change”. Kegiatan berlangsung 22-25 Februari 2023.

Amul dalam paparannya berbicara mengenai pengalaman yang dilakukan selama ini dalam memantik gerakan partisipasi politik anak muda.

“Alhamdulillah, saya diundang sendiri dari Indonesia oleh Nepal Leadership Academy untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana sebaiknya anak muda berpolitik secara inklusif dan mengutamakan politik gagasan,” ungkapnya.

Dalam forum tersebut, Amul yang juga pengurus DPP KNPI mendorong agar dibentuk forum pemuda se-Asia Pasifik, yang akan fokus bertukar pikiran tentang permasalahan politik dan demokrasi di negara masing-masing. Menjadi networking untuk gerakan kolaborasi pemuda di kancah Asia.

“Saya menyampaikan di hadapan para aktivis dan organisatoris pemuda dari berbagai negara bahwa penting untuk membuat jejaring bersama, untuk menuntaskan berbagai persoalan politik anak muda di negara masing-masing”, imbuh lulusan SMAN 1 Maros itu.

Dalam kegiatan tersebut, Amul juga akan dibekali materi tentang membangun personal branding, strategi politik, dan pendidikan politik lainnya dari berbagai pemangku kebijakan di Nepal dan konsultan politik dari berbagai negara. (fik)