NEWS  

Piala Adipura Diarak Keliling Maros, Petugas Kebersihan Dapat Bonus

Bupati bersama para petugas kebersihan Maros. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Piala Adipura tiba di Maros. Piala itu pun diarak keliling Turikale, ibu kota kabupaten, Senin, 6 Maret 2023.

Bupati Maros, Chaidir Syam dan Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari berdiri memegang piala di atas mobil dinas Toyota Vellfire DD 1 D yang dibuka atapnya. Puluhan kendaraan dan ratusan orang, termasuk petugas kebersihan, turut dalam kegembiraan itu.

Rute pawai Adipura adalah Jalan Asoka, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Cempaka, Jalan Melati, Jalan Takwa, Jalan Sejahtera, Jalan Hasanuddin. Kemudian memutar ke Jalan Nangka, Jalan Gladiol, Jalan Azalea, dan berakhir di depan Kantor Bupati.

Ini adalah piala Adipura ketujuh yang diraih Kabupaten Maros. Namun yang pertama di era Chaidir-Suhartina.

“Piala terakhir itu pada tahun 2018. Sempat terhenti tiga tahun karena pandemi Covid-19. Penilaiannya kembali dilanjutkan di tahun 2022,” kata Chaidir.

Bupati Maros, Chaidir Syam dan Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari memamerkan Piala Adipura. (FOTO: IST)

Alumni Fisip Universitas Hasanuddin itu menyebut penilaian Adipura kali ini tantangannya cukup besar. Apalagi karena tiga tahun tidak mengalami penilaian.

Dengan perolehan tersebut, Chaidir mengajak masyarakat dan seluruh pihak untuk menjaga lingkungan di sekitarnya. Apalagi sudah ada program 1 desa 1 bak sampah. Ada 40 desa yang jadi percontohan program itu dengan anggaran Rp22 juta per desa.

“Bila memungkinkan 103 desa dan keluharan bisa mengikuti program ekologi itu,” imbuh Chaidir.

Chaidir juga menyebut arak-arakan ini sebagai ekspresi rasa syukur atas kerja keras dan kolaborasi seluruh perangkat daerah, terutama Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) serta masyarakat.

Para petugas kebersihan DPKPLH Kabupaten Maros pun akan mendapatkan bonus berkisar Rp30-40 juta. Dibagi ke 420 tenaga kebersihan. (ast)