NEWS  

Di Hari Perempuan Internasional, Menkes Janjikan Alat Pendeteksi Kanker Payudara untuk Maros

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin meninjau Puskesmas Maros Baru, Rabu, 8 Maret 2023. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengunjungi Posyandu Prima Desa Majannang, Posyandu Prima Desa Mattirotasi, dan Puskesmas Maros Baru, Rabu, 8 Maret 2023.

Budi berkeliling meninjau fasilitas dan layanan. Ia mengaku puas. Pelayanan sudah mencakup lansia. Pelayanan juga dinilainya cepat.

“Posyandu prima sasarannya memang lebih luas. Saat ini bukan hanya anak atau ibu, namun lansia juga dilayani,” tutur Budi.

Di hadapan para tenaga kesehatan, mantan direktur utama Bank Mandiri itu juga berjanji akan memberikan alat mamografi. Alat yang digunakan untuk memeriksa dan mendeteksi berbagai kelainan pada payudara.

“Tahun lalu ada tujuh yang diberikan, tahun ini juga akan ada delapan alat USG yang akan diberikan,” ujarnya pada kunjungan yang bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional itu.

Sebab, kata dia, pembunuh nomor satu bagi perempuan adalah kanker payudara. “Kanker itu bisa disembuhkan, bila diketahui lebih awal, makanya alat momografi ini sangat penting,” imbuh mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Budi juga berjanji akan menyiapkan 2.500 beasiswa bagi tenaga kesehatan pada 2024.

“Tapi pak bupati harus ingat, jangan orang-orang terdekat saja yang diberikan,” ucapnya.

Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, pihaknya telah menghabiskan anggaran Rp7 miliar untuk pembangunan rumah sakit pratama di Camba.

“Kita ingin memberikan kesehatan yang terbaik di gengah masyarakat, agar akses warga yang ada di Camba, Cenrana, dan Mallawa bisa lebih mudah. Sudah banyak korban yang tidak terselamatkan karena jarak Camba ke pusat kota itu terlalu jauh sehingga penangannya terlambat,” tutupnya. (ast)