NEWS  

Bantu Penerbangan Sipil, Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin Kini 2 Kali Lebih Luas

Peresmian Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin setelah direnovasi. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

MATAMAROS.COM — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan penggunaan Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros, Rabu, 30 Agustus 2023.

Fadjar menyebut Base Ops ini akan mempermudah operasional penerbangan Lanud Hasanuddin. Luasnya 4047,48 m2. Dua kali lipat dari sebelumnya.

“Kita berharap dapat menunjang tugas maupun operasional, baik dalam tugas operasi militer perang maupun operasi militer selain perang,” katanya.

Base Ops ini berfungsi sebagai tempat perencanaan penerbangan pembuatan jalur penerbangan. Selain itu menjadi tempat mendapatkan briefing cuaca dan briefing penerbangan, serta ruang tunggu bagi para penumpang dan awak pesawat.

Base Ops ini juga dijadikan pusat kargo untuk keperluan tertentu. Misalnya untuk barang-barang yang akan dikirim ke daerah bencana.

Base Ops ini, imbuh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara, Marsma TNI R. Agung Sasongkojati memang dirancang multifungsi. Makanya dibuat dua kali lipat lebih luas dari sebelumnya.

Base Ops ini akan bekerja sama dengan base ops sipil di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Peresmian Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin juga dihadiri Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari dan Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir. (ast)