NEWS  

Hujan Guyur Madinah, Selamat Datang Musim Dingin

Tiga jemaah umrah Prima Unggul Global berjalan di "alun-alun" dekat Masjid Nabawi, Madinah, yang tampak basah karena hujan. (FOTO: IMAM DZULKIFLI/MATAMAROS)

HUJAN tiba-tiba mengguyur Kota Madinah, Arab Saudi, Sabtu malam hingga Minggu pagi, 28-29 Oktober 2023.

Suhu pun langsung menjadi lebih dingin, hingga di kisaran 23 derajat Celsius. Rata-rata suhu di Madinah sejak jemaah umrah Prima Unggul Global tiba pada Kamis, 26 Oktober 2023 adalah 31-32 derajat Celcius.

Sejumlah jemaah yang hendak menunaikan salat Subuh di Masjid Nabawi pun tampak tertahan. Hanya satu-dua orang yang memutuskan lanjut, menembus hujan dengan intensitas sedang. Lainnya memilih salat di koridor bangunan-bangunan di sekitaran masjid.

Jumadil Akbar, jemaah umrah asal Kabupaten Bone menuturkan, agak riskan jika hujan-hujanan. “Sekarang saja sudah ada beberapa jemaah yang demam, pilek, dan sebagainya,” ucap dia.

Saat berita ini diketik pukul 08.06 waktu Saudi atau siang waktu Indonesia, hujan mulai reda. Tersisa gerimis. Sejumlah jemaah menuju pelataran yang dipadati ribuan burung merpati. Mereka tak melewatkan momen itu. Gerimis pagi, pemandangan khas Madinah, dan merpati yang beterbangan.

Mutawif Prima Unggul Global, Ibnu Munzir Algifari yang menetap di Saudi, menuturkan, akhir Oktober seperti ini memang kadang mulai turun hujan. Tidak sering namun suhu akan mulai dingin.

Awal musim dingin di Saudi biasanya terjadi di November. Jadi bagi Anda yang merencanakan umrah November atau Desember mendatang, siapkan pakaian yang sesuai. Jaket dan sebagainya.

Hari ini rombongan jemaah Prima Unggul Global kembali melakukan ziarah. Rute pertama adalah Percetakan Malik Fahd, percetakan Alquran terbesar di dunia. Setelah itu menuju Jabal Magnet. (imam dzulkifli)