Ahli Gizi Kelahiran Maros Bagi Tips Cegah Corona, Ini Penjelasannya

MAROS, MM – Corona sudah masuk Indonesia. Pemerintah membuat pernyataan resmi, Selasa, 2 Maret 2020. Dua orang warga negara Indonesia dinyatakan terpapar virus Covid-19 itu.

Tetapi, jangan panik. Segala macam virus, termasuk corona, punya kemungkinan untuk dicegah. Setiap kita bisa membuat upaya-upaya perlindungan diri.

Read More

Selain menggunakan masker, beberapa hal juga perlu dilakukan. Dan menggunakan masker bukanlah satu-satunya cara untuk mencegah penualran Covid-19. Apalagi kabarnya harga masker di Jakarta misalnya, sudah melonjak. Sampai 1.400 persen!

Manjilala, S.Gz, M.Gizi, seorang ahli gizi yang juga Sekretaris DPD Persatuan Ahli Gizi Indonesia Sulsel periode 2014-2019, membagikan tips-tips pencegahan. Pria kelahiran Kabupaten Maros itu membaginya dalam beberapa poin perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Berikut beberapa langkah PHBS yang bisa dipraktikkan di rumah;

1. Mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh kita yang paling aktif. Berbeda dengan kaki, tangan tidak memiliki pelindung kecuali pada pekerjaan tertentu sehingga wajar jika tangan diklaim sebagai gudangnya kuman (virus, bakteri atau parasit lainnya). Di sisi lain kebiasaan mencuci tangan dengan benar di Indonesia masih rendah. Oleh karena itu kampanye mencuci tangan menggunakan sabun perlu terus digalakkan agar dapat mengurangi sumber penularan penyakit termasuk Covid-19.

2. Hindari paparan asap rokok

Perokok pasif dan aktif lebih rentan terkena penyakit saluran pernafasan seperti penyakit paru-paru. Sementara itu, seperti penyakit virus corona lainnya (SARS dan MERS), Covid-19 adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan sehingga paru-paru merupakan organ yang lebih dulu terkena.

3. Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah dikenal sebagai makanan sumber vitamin dan mineral atau sumber antioksidan. Mengonsumsi kedua makanan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsilah buah 2-3 porsi sehari (1 porsi sekitar 75-100 gram) serta sayur 3-4 porsi sehari (1 porsi sekitar 100 gram)

4. Lauk Hewani dan Nabati

Lauk hewani (telur dan ikan) dan lauk nabati (tempe, tahu, dan kacang-kacangan) juga sangat baik oleh tubuh. Jangan lewatkan mengonsumsi 2-4 porsi lauk hewani dan nabati dalam sehari (1 porsi sekitar 50-75 gram).

5. Minum air putih yang bersih dan cukup

Air dibutuhkan tubuh untuk membantu sistem pencernaan serta membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Dibutuhkan sekitar 2 liter air setiap hari atau sekitar 4 botol air mineral (ukuran 500 ml).

6. Melakukan aktivitas fisik atau olahraga

Meskipun Anda memiliki kesibukan di tempat kerja, jangan lupa melakukan akivitas fisik atau berolahraga setiap hari. Sebaiknya olahraga dilakukan minimal 30 menit dalam sehari.

7. Kelola stres

Cara efektif mengelola stress ialah dengan cara mendekatkan diri kepada Allah Swt., perbanyak beribadah dan bersedekah. Orang yang mengalami stres lebih rentan terkena penyakit.

8. Istirahat yang cukup

Beberapa ahli menganjurkan agar durasi tidur dalam sehari ialah 6-7 jam. Kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat membuat tubuh rentan terserang penyakit.

“Ayo cegah Covid-19 dengan PHBS, karena berperilaku hidup bersih dan sehat sangat efektif menekan penyebaran virus,” pungkas Manjilala dalam artikelnya khusus untuk pembaca MataMaros.com. (*/abr)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.