Berhenti Sebar Link Internet Gratis 20GB, Ini Bahayanya

MAROS, MM – Sedang berdiam di rumah karena wadah virus terus ada yang menawarkan kuota internet 20 Gb sungguh menggiurkan. Tak cuma berharap bisa menggunakannya, namun juga menyebarkannya agar yang lain juga dapat.

Dan itu sedang ramai saat ini. WhatsApp dan media sosial lain kita penuh dengan pesan yang mengajak menjadi kaya kuota data.

“Koneksi Internet GRATIS 20 GB. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler. Saya baru saja mengaktifkan saya, [link ke sebuah situs berdomain .club],” demikian isi pesan hoaks yang beredar.

Ternyata, seperti yang dilaporkan tim Kompas, pesan itu berisi informasi palsu. Hoaks. Sudah pernah beredar pada 2018 lalu dan kini disebar lagi untuk menambah daftar korban.

Pada pesan tersebut tertera sebuah tautan yang jika diklik akan membawa kita pada laman web tertentu yang tampilannya tampak meyakinkan.

Pada laman tersebut tertera tulisan “koneksi internet gratis 20 GB selama 60 hari”. Kemudian di bagian bawah, Anda akan diwajibkan mengisi sebuah kuesioner demi mendapat kuota gratis untuk seluruh operator tersebut.

Kemudian lewat laman yang meyakinkan, pengguna akan dimintai untuk mengisi segala data yang dapat disalahgunakan.

Jangan pernah mengklik link yang disertakan dalam pesan berantai tersebut. Ini adalah salah satu trik penipuan berkedok kuota gratis untuk mencuri data pengguna.

Telkomsel dan XL Axiata sejak jauh hari menyatakan penawaran kuota internet gratis 20 GB tersebut adalah hoaks.

“Telkomsel mengimbau kepada pelanggan untuk selalu waspada untuk semua promosi yang berhubungan dengan produk dan layanan Telkomsel,” demikian pernyataan Telkomsel.

Pihak XL Axiata pun mengimbau para pelanggan jika mendapat pesan tersebut untuk mengabaikannya agar tak terjebak jebakan pishing.

“XL Axiata tidak ada penawaran gratis atau keterkaitan tertentu dengan link tersebut. Jadi kami menghimbau untuk diabaikan saja,” demikian pernyataan XL.

Trik penipuan dengan modus phising ini dapat dihentikan dengan tidak ikut menyebarluaskan link kepada pengguna lain. (*/abr)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.