UN Dihapus, Begini Cara Penentuan Kelulusan Siswa

MAROS, MM – Ujian Nasional (UN) tahun ini sudah dihapus. Namun, standar kelulusan dan model ijazah belum ditetapkan.

Kepala Bidang Pembinaan SD dan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Maros, Abdul Muis, mengatakan, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari pusat. Aturan resmi terkait standar kelulusan siswa.

Read More

“Sekarang kita lagi berusaha kumpul nilai rapor siswa tiap semester. Baru dilihat nanti standar kelulusannya, tetapi belum ada,” katanya kepada MataMaros.com, Minggu, 29 Maret 2020.

Menurutnya, mengambil rata-rata nilai rapor memang langkah yang paling praktis untuk menentukan kelulusan. Cara ini pun dianggap bisa menghindari komplain.

Disdik juga sementara menunggu model penilaian yang tertera ijazah. “Kita juga belum tahu bagaimana model ijazah siswa nantinya. Kita belum bisa prediksi. Usaha kita sekarang hanya kumpulkan nilai siswa,” imbuh Muis.

Sebelumnya Kepala Disdik Maros, Takdir, mengatakan, ujian nasional memang ditiadakan tahun ini. Standar kelulusan ditentukan sekolah masing-masing.

“Dilihat dari nilai rapor dari semester satu, ada juga tugas ujian diberikan ke siswa. Kita serahkan ke masing-masing sekolah,” ungkapnya.

Adapun total jumlah siswa khusus SMP yang mengikuti ujian 5.015 orang di 73 sekolah. Sementara, MTs berjumlah 1.447 orang yang berasal dari 43 sekolah. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.