87 ODP Covid-19 di Maros, 73 di Antaranya Baru Pulang Umrah

MAROS, MM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros tengah mendata warga yang baru pulang umrah. Mereka kini masuk daftar Orang dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Dua di antara tiga pasien yang dinyatakan positif covid-19 memang memiliki riwayat perjalanan umrah. Karenanya, dilakukan pendataan kepada jemaah lain untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran covid-19.

Read More

“Semua yang pulang umrah akhir Februari dan awal Maret sudah didata. Semua yang didata kena status ODP. Sekitar 73 (orang),” sebut Hatta Rahman, Bupati Maros, Selasa, 31 Maret 2020.

Pendataan ini dilaksanakan oleh masing-masing puskesmas. Petugas datang langsung ke rumahnya. “Siapa yang satu rombongan dengannnya, perusahaan travel-nya, didata semua,” kata Hatta.

Selanjutnya, warga tersebut diupayakan untuk menjalani rapid test. Hanya saja, pengadaan alatnya masih butuh waktu. “Seminggu lagi baru datang,” imbuhnya.

Sementara itu, jumlah kasus covid-19 di Maros berjumlah 95 orang. Masing-masing 87 ODP, 5 PDP, dan 3 positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Maros, dr Syarifuddin, mengatakan, pihaknya memang sudah merencanakan pemeriksaan. Namun, pengadaan alatnya masih diupayakan.

“Semua yang kontak erat dengan pasien positif akan diusahakan rapid test, cuma masih terbatas. Mereka diimbau isolasi mandiri,” ujarnya. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.