265 Boks Masker Sitaan Disumbangkan untuk APD

MAROS, MM – Barang bukti kasus penimbunan masker yang terungkap bulan lalu dilalokasikan untuk bantuan Alat Perlidung Diri (APD). Jumlahnya sekitar 265 boks yang berisi 50 masker tiap boksnya.

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon, mengatakan, penyerahan ini dilakukan dengan persetujuan pelaku menghibahkan sebagian barang bukti untuk membantu kekurangan APD. Selanjutnya, disalurkan ke puskesmas dan rumah sakit.

“Barang bukti sebanyak 280 dus. Kemungkinan kita akan menyisakan 15 (dus) untuk barang bukti,” sebutnya usai penyerahan barang bukti masker di Gedung Serbaguna Maros, Jumat, 3 April 2020.

Musa mengungkapkan, proses hukum kasusnya tetap berjalan. “Kita hanya melakukan penyisihan. Administrasi kita lengkapi. Kita sudah koordinasi dengan kejaksaan dan pengadilan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Maros, Hatta Rahman, mengatakan, ratusan boks masker ini sangat membantu. Apalagi saat ini Maros memang sedang kekurangan APD.

“Kita prioritaskan dulu ke tenaga medis. Kita sekarang lagi kesulitan APD, termasuk masker,” ungkapnya.

Penyerahan barang bukti ini juga sudah dikoordinasikan dengan pihak pengadilan. Dibolehkan, meskipun belum ada putusan terhadap pelaku. Namun, tetap ada barang bukti yang disisihkan.

“Urgensinya apa? Karena sekarang lagi ada musibah dan warga sangat membutuhkan masker. Kalau kita simpan juga terus ujung-ujungnya kita lelang, hasilnya uang. Padahal sekarang bukan uang yang dibutuhkan, tetapi masker,” jelas Dhevid Setiawan, Kasi Intel Kejari Maros.

Dia menambahkan, Jaksa Agung juga memerintahkan untuk memberi tuntutan yang berat kepada penimbun masker lantaran melakukan tindak pidana saat ada musibah. “Bisa dipastikan ini bisa menjadi efek jera,” tegasnya. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.