Barru Bagi Masker, Jamin Pangan, Beri Bantuan Tunai Warga dan Pelaku Usaha

BARRU, MM – Bagi Suardi Saleh, pandemi Covid-19 harus ditanggapi serius. Dan negara punya anggaran. Pos belanja yang tidak begitu penting dialihkan.

Suardi pada Senin, 6 April 2020 sudah memerintahkan penganggaran masker. Sebanyak mungkin agar seluruh warga bisa dapat.

Read More

Dalam koordinasi penanganan Covid-19 yang melibatkan semua pimpinan OPD, kepala bagian, dan para camat, Suardi sangat tegas menginstruksikan jajarannya untuk tidak main-main.

Demi membantu warga, anggaran OPD dan unit kerja yang ada di DPA juga akan dikurangi untuk dialihkan ke penanganan corona. Beberapa item yang dihapus antara lain biaya perjalanan dinas dan anggaran pelatihan.

Suardi meminta jajaran untuk ikhlas mengalihkan sebagian anggatan. “Intinya tanggal 9 ini, refocusing sudah harus selesai.”

Terkait stok pangan, dia mengintruksikan segera melakukan koordinasi ke Bulog, agar kebutuhan pangan tetap terjamin minimal sampai bulan suci Ramadan.

Di sektor usaha, Pemkab Barru menghapuskan retribusi jasa umum, pajak hotel, rumah makan, dan restoran selama tiga bulan. Sedang digodok pula memberikan penguatan modal kepada pelaku usaha, maupun warga yang terdampak secara ekonomi akibat corona.

Khusus pendatang, semua harus teridentifikasi, utamanya yang datang dari daerah pandemi atau zona transmisi lokal. Camat dan kepala desa/lurah harus meminta mereka melakukan isolasi diri selama 14 hari.

“Kita tidak boleh main-main dengan penanganan ini. Jangan bosan anjurkan tinggal di rumah saja, karena itu yang paling aman,” tegas mantan Kepala Dinas PU Pemkab Maros itu.

Suardi juga mengambil alih posisi ketua gugus tugas, sesuai perintah pusat. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.