Maros, Gowa, dan Manado Jadi Transmisi Lokal Baru Covid-19

MAROS, MM – Kabupaten Maros bersama Manado dan Gowa menjadi wilayah transmisi lokal Covid-19 baru di Indonesia. Khusus Maros, tercatat 11 kasus positif hingga kini.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Maros, dr Syarifuddin, menjelaskan, penilaian tersebut kemungkinkan dilihat dari perkembangan kasus di Maros. Artinya, penyebaran virus hanya menular di dalam wilayah itu sendiri.

Read More

“Kriteria itu maksudnya penularan terjadi dari penduduk ke penduduk di dalam Maros saja. Bukan dari luar,” jelasnya kepada MataMaros.com, Selasa, 7 April 2020.

Menurutnya, informasi ini mesti menyadarkan masyarakat Maros jika kasus Covid-19 susah dibendung. Tak diketahui lagi siapa yang bisa menularkan virus.

“Tujuannya agar seluruh masyarakat sadar. Serius mewaspadai. Karena kadang virus ini bisa menular dari yang tidak punya gejala,” ungkap dr Syarif.

Pemerintah kabupaten (pemkab) sejauh ini menekan kasus dengan terus mengimbau masyarakat. Terus hindari keramaian dan kontak fisik.

“Kurangi keluar rumah. Kalau keluar pakai masker dan selalu cuci tangan,” imbau kepala bidang pelayanan kesehatan Dinkes Maros ini.

Data Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19, jumlah kasus Covid-19 di Maros mencapai 137 orang. Masing-masing ODP 115, PDP 11, dan positif 11 orang. (fik)

Saat ini wilayah transmisi lokal tersebar di 25 kabupaten/kota di 13 provinsi yang dilansir CNN Indonesia, yakni:

– DKI Jakarta
– Banten (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan)
– Bali (Kabupaten Buleleng)
– Jawa Barat (Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kabupaten Karawang)
– Jawa Tengah (Kota Semarang, Kota Surakarta)
– Jawa Timur (Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Surabaya)
– Kalimantan Barat (Kota Pontianak)
Kalimantan Timur (Kota Balikpapan)
– Kalimantan Selatan (Kota Banjarmasin)
– Sulawesi Selatan (Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa)
– Sulawesi Tenggara (Kota Kendari)
– Sumatera Selatan (Kota Prabumulih)
– Sulawesi Utara (Kota Manado)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.