Irfan AB Dorong Tes Massal di Maros, Konsepnya Bisa Drive Thru

MAROS, MM – Anggota DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB mendukung wacana tes massal Covid-19 di Kabupaten Maros. Baik melalui rapid test maupun swab test (PCR).

Dengan mengetes sebanyak mungkin orang, peta penyebaran corona disebut Irfan akan lebih terlihat. Itu yang kemudian menjadi dasar gugus tugas yang dibentuk Pemkab untuk melakukan penanganan.

Read More

Posisi Maros yang sudah di urutan ketiga jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel disebutnya cukup memprihatinkan. Hingga kemarin sudah ada 16 orang positif. Posisi yang dekat dengan Makassar juga membuat potensi pertambahan kasus positif cukup terbuka.

“Sejauh ini temuan positif berasal dari cluster umrah dan satu transmisi lokal. Kemudian dengan adanya temuan dokter positif di RSUD Salewangang Maros, di mana dokter tersebut telah berinteraksi dengan 54 tenaga medis tidak tetutup kemungkinan lahirnya cluster baru, tetapi kita berharap ini tidak terjadi,” tutur politikus Partai Amanat Nasional itu.

Irfan telah mengusulkan kepada Gugus Tugas Covid–19 Provinsi Sulawesi Selatan untuk memberi prioritas kepada warga Maros melakukan tes. Apalagi kini sudah tersedia fasilitas PCR di Balitkes Kemenkes, Rumah Sakit Unhas, Rumah Sakit Wahidin Makassar.

Kabar baik lainnya, terbuka kemungkinan memfungsikan lab uji Balai Besar Veteriner Kementan yang berada di Balitjas Maros.

Irfan mengusulkan layanan tes di Balitjas nanti dalam bentuk drive thru (tanpa turun dari kendaraan). Biar tak terjadi penumpukan. Cara itu kini dilakukan di Jakarta dan beberapa titik di Jabotabek.

Drive thru di Jakarta bahkan menggunakan aplikasi. Pendaftar terlebih dahulu mendaftar dan melakukan konsultasi jarak jauh. Nanti dokter yang putuskan apakah perlu dirujuk melakukan tes atau tidak.

Jika Balai Besar Veteriner di Maros siap melakukan tes corona, pemerintah daerah sisa menyiapkan perlengkapan pendukung. Semisal swab kit, TVM, dan regen. Baik jika diadakan dalam jumlah yang banyak, sampai puluhan atau ratusan ribu kit. Disesuaikan dengan kemampuan maksimal seluruh alat PCR. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.