Saatnya Pelaku Usaha di Maros Buka Lapak di Aplikasi

MAROS, MM – Banyak pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Termasuk di Kabupaten Maros. Jualan sepi atau bahkan ada yang tutup sama sekali.

Ulla Mo, pemilik warung coto Makan! di Mandai mengaku dilematis dengan situasi saat ini. Mau buka warung, tidak banyak pembeli yang datang. Sebab memang orang-orang dianjurkan di rumah saja.

Read More

“Sedangkan mau tutup, kita telanjur kontrak ruko. Belum lagi di mana mau dapat penghasilan untuk kebutuhan keluarga,” ujarnya, Sabtu, 11 April 2020.

Merespons hal semacam itu, startup buatan putra Maros, Solusi Bayar, menawarkan cara baru jualan. Tidak benar-benar baru sebab memang sudah eranya. Keuntungannya karena pelaku usaha bisa membuka lapak online secara gratis.

Founder Solusi Bayar, Rudi Hartono menuturkan, dalam aplikasi Solusi Bayar, ada berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan masyarakat Maros. Termasuk para pelaku usaha. Diprioritaskan yang skala mikro, kecil, dan menengah.

“Dengan menjadi mitra Solusi Bayar, para pelaku usaha bisa tetap berusaha untuk keberlangsungan hidupnya di tengah penyebaran Covid-19. Ini solusi dari kami,” ucapnya.

Rudi merinci, setidaknya ada delapan keuntungan pelaku usaha menjadi mitra Solusi Bayar. Pertama, daftarnya gratis. Kedua, bisa unggah (upload) sendiri produk dan kapan saja.

Selanjutnya, harga produk ditentukan sendiri, sesuka hati. Termasuk untuk biaya kurir. “Bisa juga atur jarak kemampuan melayani,” imbuhnya.

Lainnya, tersedia pengaturan diskon untuk kurir. Bahkan jika tidak punya kurir, bisa share pesanan dan alihkan ke kurir lain.

Keunggulan berikutnya adalah bisa buka lapak dengan menjual produk orang lain. Jadi bisa jadi penjual walau tak memproduksi atau memiliki jualan sendiri.

Untuk jenis usaha, Solusi Bayar terbuka. Misalnya yang ada sekarang. Ada toko kelontong, sembako, produk UMKM, warung makan, depot air, laundry, dan lainnya.

Solusi Bayar baru saja berulang tahun yang pertama, 27 Maret lalu. Kini sudah diunggah lewat Playstore oleh lebih dari 5.000 pengguna.

Semakin hari semakin banyak fitur dalam aplikasi tersebut. Selain lapak jualan bagi para mitra UMKM, juga menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengetahui dan membayar tagihan listrik, air, dan lainnya.

Pengguna bisa bayar tagihan listrik dan air secara tunai tanpa keluar rumah, karena mitra PPOB Solusi Bayar yang akan mengunjungi tempat pelanggan. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.