Wakil Ketua KNPI Sulsel Ajak OKP-Ormas di Maros Jadi Relawan Corona

MAROS, MM – Wakil Ketua DPD I KNPI Sulsel, Hardi Arfandy menilai, salah satu kendala yang dihadapi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Maros adalah keterbatasan petugas lapangan. Makanya, putra Maros itu berharap pemuda bisa mengambil peran.

Fandy, sapaan akrabnya, pun mengajak organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) maupun organisasi kemasyarakatan (ormas) di Maros menjadi relawan. Di bawah koordinasi Gugus.

Read More

“Banyak sekali yang bisa kita support. Misalnya tenaga untuk pengawasan di rumah-rumah pasien yang menjalani isolasi mandiri. Termasuk tentu saja menjadi jembatan penyaluran bantuan logistik untuk para pasien itu,” ujarnya, Senin, 13 April 2020.

Menurut Fandy, kemitraan Pemkab Maros dan OKP serta ormas selama ini berjalan cukup baik. Pemkab misalnya setiap tahun menganggarkan dana hibah untuk banyak organisasi.

“Nah, dalam kondisi sekarang, harusnya OKP dan ormas bisa mengambil inisiatif. Menawarkan diri kepada Gugus Tugas, membantu apa saja. Tentu saja dalam koridor safety,” imbuhnya.

Sejauh ini, kinerja Gugus Tugas di Maros memang mendapat kritik dari banyak pihak. Gugus dinilai lamban. Bahkan tampak belum punya konsep matang pencegahan dan penanganan virus.

Salah satu penyebabnya menurut Fandy boleh jadi karena Gugus tidak cukup memiliki relawan. Dengan bersatu menjadi relawan di bawah institusi berwenang dalam penanganan virus ini, nilainya, kerja bisa maksimal dan terarah.

“Dibanding kerja sendiri-sendiri dengan membawa bendera organisasi masing-masing misalnya. Kalau Gugus pasti kan punya pemetaan. Sehingga tidak tumpang tindih,” imbuhnya. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.