Ratusan Santri Tiba, Langsung Rapid Test di Bandara Hasanuddin

MAROS, MM – Ratusan santri asal Sulsel kembali dari Jawa Timur (Jatim). Mereka langsung menjalani rapid test saat tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Rabu, 15 April 2020.

Pemeriksaan kesehatan ini pun dipantau Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Ia menyebutkan, total santri yang kembali sekitar 760 orang. Khusus Rabu pagi, 176 santri. Mereka pulang secara bertahap.

Read More

“Setelah ini, kita akan kirim semua datanya ke kepala daerah, bupati, wali kota sebagai ketua gugus tugas percepatan. Nanti mereka akan melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata Nurdin.

Dia menyebutkan, hasil rapid test seluruh santri yang telah diperiksa, negatif. Menurutnya itu bertanda jika imunitas mereka lebih bagus.

“Bukan berarti dia tidak ada virus yah. Bukan jaminan, tapi kalau kita lihat hasil tesnya negatif, itu berarti imunitas tubuhnya lebih bagus,” imbuh mantan bupati Bantaeng dua periode ini.

Karenanya, seluruh santri sudah didata by name by adress. Tetap melakukan karantina selama 14 hari. “Tidak boleh kemana-mana,” tegasnya.

Nurdin mengatakan, rapid test dilakukan dengan tujuan memotong rantai penularan virus dari carrier. Makassar sudah menjadi local transmission.

“Kita tak ingin lagi ada yang membawa virus masuk Sulawesi Selatan. Makanya, kita secara bersama-sama betul-betul menjaga pintu masuk, terutama bandara dan pelabuhan,” ungkapnya. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.