Pilkada Tetap 2020, Siapkah KPU Maros?

MAROS, MM – Kemendagri telah menegaskan, pilkada serentak bakal digelar 9 Desember 2020. KPU Maros mengaku siap tancap gas. Sisa menunggu aturan mengenai jadwal tahapan.

Ketua KPU Maros, Samsu Rizal, mengungkapkan, selama ini pihaknya memang tetap melaksanakan konsolidasi terkait persiapan pelaksanaan pilkada. Meskipun sempat ditunda.

Read More

“Kalau PKPU tahapan pilkada keluar, insyaallah kami siap action untuk melaksanakan tahapan selanjutnya,” ujarnya kepada MataMaros.com, Kamis, 28 Mei 2020.

Ia mencontohkan, salah satu kegiatan yang masih dilaksanakan yakni persiapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Nantinya, tahapan ini dilakukan dengan metode daring lewat aplikasi e-Coklit.

“e-Coklit ini untuk berdaptasi dengan kondisi pandemi sekarang. Sudah kami desain selama Ramadan. Bahkan sudah diuji coba menjelang Idulfitri,” kata Rizal.

Persiapan lain yang sudah dilakukan adalah pemetaan TPS. Sementara itu, jika PKPU sudah diterima, agenda yang paling dekat dilaksanakan ialah pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Kami di Maros ada calon perseorangan tentu akan dilakukan verifikasi. Nah, verifikasi itu dilakukan petugas di tingkat kelurahan dan desa, PPS,” ujarnya.

Sebelumnya, memang ada empat agenda KPU yang ditunda. Pelantikan PPS, verifikasi faktual, pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan kegiatan pemutakhiran data pemilih. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts