Usai Dilantik, 309 PPS Bakal Ikut Rapid Test

Ketua KPU Maros, Samsu Rizal melantik PPS Turikale yang disaksikan unsur Forkopimcam di Kantor KPU Maros, Jl Asoka, Senin, 15 Juni 2020. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros melantik 309 Panitia Pemungutan Suara (PPS) serentak, Senin, 15 Juni 2020. Selanjutnya, mereka diminta ikut rapid test.

Ketua KPU Maros, Samsu Rizal, mengatakan, pihaknya siap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Termasuk pelantikan PPS yang telah digelar dengan menerapkan physical distancing.

Read More

“Jaga jarak minimal satu meter dan cuci tangan. Sebelum masuk ruangan juga cek suhu badan,” katanya usai melantik PPS di kantornya.

Pelantikan PPS ini digelar serentak di 14 kecamatan. Lokasinya dibagi menjadi lima zona. “Khusus Turikale digelar di Kantor KPU karena memang terlatak di kota,” ujar Rizal.

Ia pun mengimbau PPS untuk senantiasa menjaga kesehatan di tengah pandemi. “Nanti kita suruh rapid juga. Intinya kita laksanakan protokol Covid-19,” imbuhnya.

Adapun tugas PPS usai dilantik, yakni membentuk sekretariat. Setelah itu, masuk ke tahap pemutakhiran data pemilih dan verifikasi faktual calon perseorangan.

Sementara itu, Camat Turikale, Andi Zulkifli Riswan Akbar yang turut hadir dalam pelantikan, mengatakan, perangkat penyelenggara Pilkada akan menjadi contoh bagi masyarakat. Mereka pun menjalani rapid test.

“Kita perlihatkan bahwa saya ini turun melaksanakan tugas dalam keadaan steril. Tidak perlu takut-takut,” tuturnya.

Andi Riris, sapaan karib Zulkifli pun berharap, KPU bisa bersinergi bersama pemerintah kecamatan. “Kita adalah mitra yang terlepaskan. Misal, dari segi kemanan, kita bekerja sama dengan Pak Kapolsek dan Pak Danramil,” ujarnya. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts