Nama Putra Sulsel Ini Masuk Daftar Tokoh Alternatif Nasional yang Disukai

Andi Amran Sulaiman dimasukkan kategori tokoh yang jujur, tegas, dan antimafia. (FOTO: IST)

JAKARTA, MM – Tak akan ada petahana dalam kontestasi politik nasional ke depan. Makanya, nama-nama alternatif mulai dibicarakan, bahkan disurveikan. Seperti yang dilakukan Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi Kajian Opini Publik), baru-baru ini.

Hasilnya, nama-nama seperti Susi Pudjiastuti, Ridwan Kamil, Tri Rismaharini, Sri Mulyani, Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa, muncul ke permukaan.

Namun, ada satu putra Sulsel yang masuk jajaran atas survei itu. Dia adalah Andi Amran Sulaiman. Menteri Pertanian era Kabinet Kerja Pertama ini bahkan merupakan satu-satunya tokoh politik asal timur Indonesia yang terjaring.

Dalam survei ini, Amran menonjol dalam kategori sosok yang jujur, bersih, tegas, antimafia, serta memiliki kinerja yang baik di mata publik.

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo menuturkan, nama-nama tersebut awalnya didapatkan melalui focus group discussion (FGD). Dilakukan dengan perwakilan dari setiap provinsi secara daring sebelum survei dilakukan untuk menyaring nama, sekaligus menajamkan isu yang akan ditanyakan pada responden.

Dari laporan hasil akhir survei terkait tingkat kesukaan publik adalah Susi Pudjiastuti (24,6%), Anies Baswedan (20,1%), Ridwan Kamil (15,4%), Tri Rismaharini (14,7%), Sri Mulyani (10,1%), Andi Amran Sulaiman (8,7%), Khofifah Indar Parawansa (4,1%), Rizal Ramli (2,3%).

Survei yang digelar secara nasional (34 provinsi) pada 27 April-8 Mei, 2-4 Juni 2020 dengan melibatkan 1200 responden dengan metode online survey ini secara umum menggambarkan tingkat kesukaan publik terhadap para tokoh alternatif Indonesia.

“Hal yang menarik dari hasil survei tokoh ini adalah tingginya tingkat kesukaan terhadap Susi Pudjiastuti yang merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan pada periode pemerintahan Jokowi sebelumnya. Susi dipersepsikan publik sebagai sosok yang berani (21,3%), walaupun dirinya memiliki kekurangan karena pendidikannya yang tidak formal (2,9%),” tuturnya, Sabtu, 20 Juni 2020.

Munculnya nama Andi Amran Sulaiman juga menyita perhatian lembaga tersebut. Peneliti Senior Lembaga Survei KedaiKOPI, Justito Adiprasetio, menjelaskan, survei ini menunjukkan bila mereka yang berada di luar pemerintahan seperti Susi Pudjiastuti (24,6%) dan Andi Amran Sulaiman (8,7%), maupun mereka yang menjadi kepala daerah seperti Anies Baswedan (20,1%) dan Ridwan Kamil (15,4%) memiliki kans untuk dapat terus disukai. Bahkan dan meningkatkan popularitas mereka di hadapan publik. (fik)