Verifikasi Faktual Dukungan Baret Cella Selesai

Kantor KPU Maros di Jl Asoka, Kelurahan Pettuadae, Kecamatan Turikale. (FOTO: DOK/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Verifikasi faktual dukungan calon perseorangan dalam Pilkada Maros selesai. Sisa menunggu hasil rekap.

Pasangan calon yang maju dalam jalur perseorangan, yakni Muhammad Nur dan Muhammad Ilyas Cika. Total dukungan Baret Cella, jukukan Muhammad Nur, yang diverifikasi sebanyak 25.475 dokumen.

Read More

Ketua KPU Maros, Samsu Rizal, mengungkapkan, verifikasi faktual berakhir Minggu, 12 Juli 2020. Saat ini dukungan tersebut sementara direkap secara berjenjang di tiap kecamatan.

“Nanti akan ada rekap di kabupaten 20-22 Juli mendatang,” ungkapnya kepada MataMaros.com Senin, 13 Juli 2020.

Ia menjelaskan, apakah dukungan yang telah diverifikasi memenuhi syarat atau tidak baru bisa diketahui setelah rekap kabupaten. Adapun syarat minimal dukungan, yakni 24.505 dokumen.

“Kalau belum (memenuhi syarat) akan diberikan waktu perbaikan. Jadwalnya 25-27 Juli,” sebutnya.

Jika terdapat kekurangan, kata Rizal, maka kandidat mengumpulkan dua kali dari jumlah kekurangan. “Misal, kurangnya 5, maka yang disetor 10,” imbuhnya.

Komisioner KPU Maros Divisi Teknis Penyelenggaraan, Mujaddid, menambahkan, jumlah dokumen yang memenuhi syarat memang belum bisa diketahui. Saat ini Panitia Pemungutan Suara (PPS) menyerahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk rekap per kecamatan.

“Kemudian, kalau selesai, baru diserahkan kepada kita di kabupaten. Setelah rekap di kabupaten, baru terakumulasi semua berapa yang memenuhi syarat dan yang tidak,” katanya.

Ia mengungkapan, rekap di kecamatan sebanarnya berlangsung 13-19 Juli 2020. Namun, ada beberapa kegiatan yang beririsan, seperti bimtek Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta pelantikannya, maka jadwal dimulainya berubah.

“Kemungkinan rekap di kecamatan itu 17 Juli. Kemudian, rekap di kabupaten, kita harus laksanakan 20-22 Juli,” ujar Mujaddid. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts