Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta Bakal Dapat Bansos

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap bahwa salah satu strategi pemulihan ekonomi akibat Covid-19 adalah peningkatan belanja masyarakat. (FOTO: IST)

JAKARTA, MM – Pemerintah pusat ingin mendorong pemulihan belanja masyarakat. Stimulan-stimulan pun dirancang. Terbaru, sedang dikaji pemberian bantuan sosial bagi para pekerja yang bergaji di bawah Rp 5 juta.

Rencana tersebut masuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati,  langkah percepatan belanja perlu dilakukan untuk lindungi masyarakat. Meningkatkan kemampuan juga dalam menangani Covid-19.

Read More

Pekerja bergaji di bawah Rp5 juta bakal diberi bansos Rp600 ribu selama enam bulan. Targetnya ada 13 juta pekerja yang tersasar. Total anggaran Rp31 triliun.

Akan ada pula tambahan bansos hingga Rp30 triliun untuk 12 juta pelaku UMKM dan ultra mikro. Kemudian, tambahan bantuan pembelian beras untuk 10 juta orang dengan anggaran Rp4,6 triliun.

“Bansos tunai juga ditambahkan Rp500 ribu dengan anggaran Rp 5 triliun,” ucapnya, Rabu, 5 Agustus dilansir CNBC Indonesia.

Adapun total anggarannya untuk belanja ini mencapai Rp203 triliun. Konsumsi masyarakat diharap bisa pulih sehingga daya beli juga terjaga.

“Pemerintah juga dorong belanja kementerian dan lembaga secara sektoral agar bisa dorong belanja pemerintah untuk dukung pemulihan ekonomi,” imbuh Sri. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts