Pilkada Maros 2020 Tanpa Calon Perseorangan

Pasangan Muhammad Nur (kiri) dan Muhammad Ilyas. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Hanya calon usungan partai politik yang akan mengikuti Pilkada Maros 2020. Itu setelah kandidat jalur perseorangan, Muhammad Nur dan Muhammad Ilyas, dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan ke Pilkada Maros 2020.

Pleno di Kantor KPU Maros, Kamis, 20 Agustus 2020, memutuskan, pasangan dengan tagline Baret Cella itu hanya mampu mengumpulkan 15.397 dukungan. Sedangkan persyaratan minimal 24.505 dukungan.

Read More

“Dengan demikian persyaratan untuk maju di tahapan berikutnya sebagai calon perseorangan tidak bisa dilaksanakan,” ucap Mujaddin, Komisioner Divisi Teknis KPU Maros.

Dia merinci, pada tahap pertama penyerahan dukungan, Baret Cella mengumpulkan 14.850 dukungan. Masih kurang 9.655 dukungan dan itu pun masih harus dikalikan dua.

Setelah diberi kesempatan perbaikan, pasangan tersebut hanya meloloskan 547 dukungan. Sangat jauh dari jumlah yang harus dicapai.

Juru Bicara Baret Cella, Mutmainna mengatakan bahwa semua sudah bekerja maksimal.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara mulai dari kabupaten, kecamatan, serta desa dan kelurahan yang telah bekerja sama dalam tahapan meskipun melahirkan banyak dinamika di lapangan karena dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19,” sebutnya.

Namun, Baret Cella masih punya peluang bertarung. Tentu lewat jalur parpol. Sebab, pendaftaran calon baru akan dilakukan 4-6 September 2020. Memungkinkan untuk berjuang mendapatkan dukungan.

Apalagi, dari dua partai yang belum menyatakan sikap, Hanura dan Gerindra, ada kedekatan emosional dengan pasangan itu. Ilyas adalah Ketua DPC Gerindra Maros sebelum ada dualisme. Figur pengacara itu bahkan masih menuliskan diri sebagai ketua pada beberapa desain yang dia unggah. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts