Lihat Siswa Belajar Online di Atas Bukit, Chaidir Ingin Tuntaskan Masalah Internet

Chaidir Syam mampir menyapa pelajar yang sedang belajar online di bawah pohon, dekat Dusun Lembang, Desa Samanggi, Kecamatan Simbang.

MAROS – Perjalanan Chaidir Syam menuju Dusun Lembang, Desa Samanggi, Kecamatan Simbang, terhenti siang itu, Selasa, 13 Oktober 2020. Dia melihat tiga siswa berseragam SMP sedang serius menatap ponsel.

Bukan game online. Tetapi pembelajaran daring. Anak-anak itu menyimak penjelasan guru, kemudian menjawab sejumlah pertanyaan di bawah pohon.

Read More

Sebenarnya “romantis”. Namun bagi Chaidir, itu sebuah persoalan. Jika memang peserta didik masih harus belajar jarak jauh, minimal mereka tak lagi harus jauh dari rumah, hanya demi mencari jaringan internet.

Makanya, bersama Suhartina Bohari, Chaidir mencanangkan program jaringan internet di seluruh kecamatan di Kabupaten Maros yang berjumlah 14.

“Setelah berbincang dengan anak-anak itu, bahwa sinyal data hanya bisa diakses di bukit, kami makin bersemangat untuk melakukan yang terbaik,” ujar Chaidir, Rabu, 14 Oktober 2020.

Beberapa waktu lalu, paslon HatiKita Keren itu meresmikan pusat belajar bersama (sekaligus co-working space) di tengah kota Turikale, Kabupaten Maros. Ada fasilitas wifi gratis.

Lokasinya di Posko Lorsa, komunitas yang digagas politikus Wawan Mattaliu, salah satu tokoh pendukung pasangan Chaidir Syam-Suhartina Bohari di Pilkada Maros 2020.

Chaidir berharap kehadiran tempat dengan wifi gratis ini bisa menjadi ruang kreatif anak muda. Ruang belajar maupun bekerja bersama.

“Kolaborasi adalah kata kunci kesuksesan kita ke depan,” ujarnya.

Co-working space tersebut juga adalah pilot project program penyediaan internet pada 14 atau seluruh kecamatan di Kabupaten Maros.

Itu sebagai gambaran bagi warga 13 kecamatan lainnya. Bahkan ada rencana menjadi program setiap desa dan kelurahan.

Penyediaan internet gratis juga jadi solusi HatiKita Keren untuk proses belajar mengajar selama masa pandemi.

“Ini memang menjadi bagian dari program kami dalam membantu pelajar dan mahasiswa yang kesulitan selama masa pandemi, khususnya di daerah terpencil. Makanya kami akan siapkan fasilitas itu,” imbuh Suhartina.

Gagasan tersebut masuk bagian dari empat program penanganan Covid-19, yakni memastikan terlaksananya proses belajar mengajar jarak jauh tetap berjalan baik. Dengan cara memberi bantuan sarana dan prasarana pembelajaran.

Chaidir-Suhartina maju Pilkada Maros 2020 dengan diusung PAN, PBB, PPP, dan Hanura. Paslon HatiKita Keren ini bernomor urut 2. (*/ad)

Penulis : | Editor :

Related posts