Penanggulangan Banjir Masuk Prioritas Program Maros Keren

Chaidir Syam bersama Suhartina Bohari. (FOTO: DOK/MM)

MAROS, MM – Penanggulangan banjir masuk dalam 12 program Maros Keren paslon Chaidir Syam-Suhartina Bohari. Isu yang sangat hangat, apalagi kini sudah musim penghujan.

Suhartina membeberkan, solusi yang mereka tawarkan adalah solusi jangka panjang. Bukan bantuan sekali dua kali yang efeknya singkat.

Read More

“HatiKita Keren sudah menyiapkan program khusus dengan melakukan pengerukan sungai, penanaman pohon di hulu, dan perbaikan drainase,” kata Suhartina, Kamis, 12 November 2020.

Mantan anggota DPRD Maros itu menyebutkan, selain upaya pencegahan, ada juga langkah dari sisi penanggulangan bencana alam, termasuk banjir. Pihaknya akan lebih memaksimalkan kinerja tim reaksi cepat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam melakukan evakuasi maupun penyaluran bantuan bagi korban bencana.

“Bisa dengan menggunakan perangkat teknologi khusus,” sebutnya.

Untuk saat ini, Suhartina mengimbau warga untuk tetap waspada dengan bencana alam yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Pasalnya, selain banjir, longsor Maros juga sangat rawan terjadi angin puting beliung.

Beberapa hari lalu terjadi angin puting beliung dan hujan es di wilayah Mandai, serta Tanralili. Calon bupati Chaidir menngunjungi sejumlah warga yang mengalami kerugian akibat bencana itu, untuk memastikan para korban sudah ter-cover oleh pemerintah.

Eks ketua DPRD Maros itu menjelaskan, selain peran BPBDperan pemerintah di level bawah seperti RT, RW, kepala desa atau lurah, nantinya juga harus dimaksimalkan, terlebih pada persoalan pendataan korban.

“Pelibatan mereka juga harus jelas sebagai ujung tombak perwakilan pemerintah di tengah masyarakat,” pungkasnya. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts