Malam Ini Debat Pilkada Maros, Sesi Tanya-Jawab Lebih Panjang

Komisioner KPU Maros, Saharuddin. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Debat publik kedua Pilkada Maros 2020, Jumat, 27 November malam nanti diprediksi lebih seru. Sebab, para paslon bakal mendapat kesempatan lebih banyak untuk tanya-jawab dan saling menanggapi.

Komisioner KPU Maros, Saharuddin menuturkan, waktu lebih banyak diberikan kepada kandidat agar paslon mampu menjelaskan dan memberikan pemahaman secara rinci dan jelas.

Read More

“Seperti apa visi misi dan program yang akan dijalankan kelak jika diberi amanah memimpin Maros,” ucapnya, Jumat sore.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM itu mengingatkan semua paslon fokus pada tema.

“Intinya, yang didebatkan nanti tidak keluar dari tema utama. Apalagi saling menyerang yang berkaitan soal pribadi. Itu dilarang sesuai tata terbit pelaksanaan debat,” urai pria yang akrab disapa Bang Datu itu.

Debat terakhir sebelum hari pencoblosan ini bakal membahas 11 sub tema. Di antaranya mengenai pendidikan, sosial dan budaya, efektivitas penegakan hukum, serta kebijakan penanganan, pengendalian dan pencegahan Covid-19.

Sub tema tersebut akan digabungkan menjadi dua pokok pembahasan besar pada debat yang bakal dihelat di Claro Hotel, Makassar itu. Pertama, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah. Kedua, meningkatkan pelayanan masyarakat dan menyelesaikan persoalan daerah serta strategi penanganan Covid-19.

KPU Maros meminta kandidat tak melakukan pengetahuan massa. Sebab, sesuai protokoler kesehatan, audiens debat sangat dibatasi. Masing-masing paslon hanya empat orang, Bawaslu dua orang, forkopimda meliputi Bupati Maros, pihak kejaksaan, pengadilan, perwakilan Polres Maros, Ketua DPRD Maros, Dandim Maros, serta perwakilan dari komisioner KPU Sulsel.

“Jadi, diperkirakan dalam ruangan debat paling banyak 50 orang. Sudah mencakup peserta dan undangan. Itupun mereka harus memakai id card. Tanpa id card tidak dibolehkan,” kata eks Ketua Karang Taruna Maros itu.

Untuk pengamanan, KPU Maros berkoordinasi dengan Polres Maros, juga Polrestabes Makassar, Polda Sulsel, dan Kodim Makassar.

Debat ini bakal dimulai pukul 19.30 Wita. Disiarkan langsung Celebes TV, serta live streaming di saluran YouTube milik stasiun televisi swasta yang berkantor pusat di Makassar itu. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts