Ini Saran Ketua Tim Hukum Maros Keren Jika Suhartina Ingin Maju di Musda Golkar

Yunus Tiro. (FOTO: DOK)

MAROS, MM – Sikap awal Suhartina Bohari untuk ikut bertarung pada Musda Golkar Maros direspons oleh Yunus Tiro, ketua tim hukum pasangan Maros Keren (Chaidir Syam-Suhartina Bohari) pada pilkada lalu.

Kata dia, itu adalah langkah cerdas untuk terciptanya sinergi dan stabilitas kerja-kerja pemerintahan selama satu periode ke depan.

Read More

Lagipula, nilai Yunus, Golkar punya tradisi berkuasa, setidak-setidaknya berjalan bersama penguasa. “Tidak ada watak Golkar untuk berseberangan dengan penguasa, di level manapun itu. Golkar tidak punya tradisi oposisi,” ujarnya dalam rilis kepada MataMaros.com, Kamis, 21 Januari 2021.

Suhartina sampai saat ini masih merupakan kader PAN. Satu partai dengan pasangannya bupati terpilih Chaidir Syam. Bila bisa menakhodai Golkar Maros yang menguasai DPRD Maros, roda pemerintahan daerah diyakini Yunus akan lebih mulus jalannya.

Namun, Koordinator Bidang Hukum DPD II Golkar Maros periode lalu itu meminta Suhartina membaca cermat dinamika. Tim hukum Hatita (Hatta Rahman-Andi Harmil Mattotorang) dua periode itu menyarankan agar Suhartina mempertimbangkan matang-matang keputusannya untuk bertarung.

Itu, sambung Yunus, jika internal Golkar tidak solid memberikan dukungan. “Karena akan merusak citranya jika tidak terpilih,” tambahnya.

Yunus juga mantan anggota DPRD Sulsel itu menyebut, Golkar memiliki mekanisme ketat dalam menjaring seorang ketua secara internal.

Memang konstitusi Golkar memungkinkan pihak yang ingin bertarung namun tidak memenuhi kriteria partai, memperoleh surat sakti yang lazim disebut sebagai diskresi dari ketua dewan pengurus satu level di atasnya.

“Tetapi surat diskresi hanya untuk syarat maju sebagai calon dan tetap harus berjalan sesuai mekanisme partai, yakni syarat dukungan dari pemilik suara di internal partai Golkar,” tutupnya.

Sebelumnya, Suhartina menuturkan bahwa dia menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan bakal maju atau tidak di Musda Golkar Maros.

Musda Golkar Maros dijadwalkan Januari ini. Namun bisa jadi mulur ke Februari. Selain Suhartina, kandidat lain adalah Andi Ilham Nadjamuddin, Andi Patarai Amir, Andi Tajerimin. Semuanya sedang melakukan komunikasi politik dengan para pemilik suara musda. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts