FMIPA Dorong 3 Nama Jadi Ketua IKA Unhas, Ada Wakil Gubernur

Hadi Mulyadi (kiri) dan Andi Irwan Patawari jadi dua di antara tiga alumni FMIPA Unhas yang coba diusung di Mubes IKA Unhas. (FOTO: IST)

MAKASSAR, MM – Ikatan Alumni (Ika) Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) tak mau ketinggalan. Mereka menyiapkan tiga anggotanya untuk menggantikan Jusuf Kalla sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unhas.

Selama isu pencalonan Ketua IKA Unhas mengemuka, IKA FMIPA aktif menjaring aspirasi. Tiga nama pun mengerucut. Mulai dari Hadi Mulyadi, Andi Irwan Patawari, hingga Muhammad Ramli Rahim.

Hadi adalah Wakil Gubernur Kalimantan Timur, pernah menjabat wakil ketua komisi VII DPR RI dan Ketua Komis I DPRD Kalimantan Timur. Saat ini Hadi merupakan Ketua IKA Jurusan Matematika Unhas

Irwan adalah legislator DPRD Sulsel dua periode dan pernah menjabat sekretaris DPD Partai Demokrat Sulsel. Dia kini juga Ketua Umum IKA Fakultas MIPA Unhas.

Sedangkan Ramli adalah salah satu tokoh nasional. Pria yang sering disapa MRR ini yang menjadikan kepengurusan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dari 7 provinsi dan 20 kabupaten/kota menjadi 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Putra kelahiran Maros itu diyakini mampu mengelola IKA Unhas yang saat ini hanya memiliki 12 koordinator wilayah dan 5 pengurus daerah.

Juru Bicara IKA FMIPA Unhas, Ahmad Musa Said menuturkan, ketiga figur itu memenuhi segala persyaratan yang kemungkinan ditetapkan panitia. Misalnya kewajiban menyediakan sekretariat paling lambat 1 tahun menjabat serta setoran dana abadi IKA Rp500 juta.

IKA FMIPA juga disebutnya terus menjaring aspirasi dan siap berkoalisi dengan IKA lain. Tidak menutup ruang pula untuk mendukung figur lain yang sudah lebih dagulu disebut, seperti Andi Amran Sulaiman, Syahrul Yasin Limpo, Andi Idrus Paturusi, dan Haedar A Karim.

Mubes IKA Unhas akan dilaksanakan di Makassar, 4-6 Maret 2022. (*/abr)