Sekolah Jurnalistik IPPEMSI Digelar 5 Hari, Pelajari Teknik Penulisan hingga Manajemen Redaksi

Sekretaris IPPEMSI Makassar, Daniel Grand Saputra (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Fritz V Wongkar, mentor sekolah jurnalistik. (FOTO: IST)

MAKASSAR, MM – Para pengurus Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simbuang-Mappak (IPPEMSI) tak hanya belajar menulis berita, tetapi juga manajemen redaksi media. Makanya, program sekolah jurnalistik mereka gelar hingga lima hari, 28 Mei-1 Juni 2022 di Sekretariat IPPEMSI Makassar.

Salah satu pengurus IPPEMSI Makassar yang juga moderator dalam kegiatan itu, Dominikus Yogi mengatakan, perlu bagi kaum muda mengetahui tugas-tugas jurnalis dan juga manajemen keredaksian.

“Anggota kami yang ikut 30-an orang dan terbagi kelompok pada sekolah jurnalistik ini,” ucap Yogi.

Yogi yang juga pengurus Bidang Media Ippemsi menambahkan, materi sekolah jurnalistik meliputi dasar jurnalistik, teknik dasar penulisan, hingga praktik kerja redaksi.

Salah seorang peserta, Jeje, berharap ini terus berlanjut agar minat dan bakat ia dan rekan-rekannya bisa terus terasah. “Semoga bisa jadi jurnalis yang profesional dan memiliki integritas tinggi,” tuturnya.

Fritz V Wongkar, Direktur KabarMakassar yang menjadi mentor dalam sekolah jurnalistik ini menyebut, pelatihan manajemen redaksional juga bisa jadi bekal para peserta ketika kelak jadi pemimpin di mana pun.

“Karena seorang jurnalis yang baik memiliki tim yang kompak dan solid hingga menghasilkan karya untuk masyarakat banyak,” ujar Fritz. (abr)