Progresnya Malah Cepat, Warga Binaan Lapas di Maros Sudah Vaksin Booster

Petugas mengawasi vaksinasi Covid-19 di LPKA Kelas II Maros. (FOTO: IST)

MAROS – Warga binaan lembaga pemasyarakatan dimasukkan kategori kelompok rentan akses vaksinasi. Namun di Kabupaten Maros, narapidana yang justru lebih mudah melakukan upaya perlindungan diri dari Covid-19 itu.

Hampir semua Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Maros sudah vaksin pertama dan kedua. Terbaru, sebanyak 102 orang bahkan sudah mendapatkan jatah vaksin booster atau dosis ketiga.

Vaksinasi booster digelar di aula LPKA Kelas II, beberapa waktu lalu itu, bekerja sama dengan RS Angkatan Udara Dody Sardjoto. Ada 11 orang vaksinator yang dilibatkan.

Satu per satu warga binaan terlebih dahulu mengisi lembar skrining. Kemudian, menjalani pemeriksaan kesehatan dasar, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang muncul pasca vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Baru setelah hasil pemeriksaan dinyatakan sehat, vaksinasi booster dilakukan. Diakhiri dengan observasi.

“Kami terus berupaya agar warga binaan di LPKA seluruhnya mendapatkan suntikan vaksin ketiga Covid-19,” ujarnya.

Tak hanya warga binaan yang mendapatkan vaksin booster. Tujuh orang petugas lapas juga menerima vaksin booster. Ada juga tiga orang keluarga petugas.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulsel Suprapto menambahkan, vaksin booster juga telah diberikan kepada warga binaan di seluruh lapas se-Sulsel. Dari data 11 Maret 2022, Sebanyak 2.851 warga binaan sudah menjalani vaksin ketiga. (*)

Laporan Jurnalis Warga: Yusnidar