Swab Dahulu, Jumpa Murid Kemudian

Seorang guru mengikuti swab test di pelataran Hotel Gammara, Makassar. (FOTO: IST)

Tanda-tanda sekolah akan dibuka mulai terlihat. Guru-guru ingin dipastikan bebas dari virus terlebih dahulu.

PELUNCURANNYA digelar di sebuah hotel mewah, di Makassar, Senin, 30 November 2020. Tetapi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berharap, tes swab serupa bisa segera dilakukan para guru, terutama yang mengajar di tingkatan SMA, SMK, dan SLB (sebab berada di bawah koordinasi pemerintah provinsi) di seluruh pelosok.

Read More

Saking seriusnya, Nurdin yang tak punya jam mengajar di sekolah, justru menjadi peserta swab perdana. Seorang petugas memasukkan alat ke hidung mantan bupati Bantaeng itu.

“Hari ini kita mulai launching swab kepada guru dan akan dilanjutkan di seluruh Sulsel. Itu untuk membuktikan bahwa kita betul-betul meyakinkan anak-anak kita, bahwa guru-guru kita itu sehat, termasuk juga orang tua, karena kita tahu orang tua punya kekhawatiran yang luar biasa,” katanya.

Program swab test secara masif ini tidak hanya melibatkan lingkup Disdik Sulsel, namun juga Dinas Kesehatan Sulsel, kabupaten/kota se-Sulsel, dan seluruh Forkopimda.

“Kami bersama seluruh Forkopimda yang ada mempersiapkan guru-guru kita dengan melakukan swab test PCR,” tambah Nurdin.

Tes swab dengan PCR ini memang jadi salah satu persiapan berdasarkan intruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia.

“Menteri Pendidikan meminta kepada kita untuk menyiapkan sekolah tatap muka di bulan Januari,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri, menambahkan, launching swab test secara masif ini merupakan langkah dinas untuk memastikan tenaga pengajar aman dari virus.

“Hari perdana diikuti 100 orang, terdiri dari kepsek dan guru yang tersebar di wilayah Kota Makassar dan Kabupaten Gowa,” terangnya.

Pihaknya berharap semua yang mengikuti tes mendapat hasil negatif. Agar target masuk sekolah Januari tahun depan, kurang lebih sebulan lagi, bisa tercapai. Murid sudah terlalu lama tak melihat menyentuh meja kelasnya. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts