Kisah Ewith Merintis Ballfood, Usaha Rumahan yang Perlahan Tumbuh

Ewith Adwia merintis Ballfood sejak 2018. Kini menunya kian beragam. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS.COM)

Dia sarjana. “Normalnya” atau jika sesuai kondisi pada umumnya, langsung melamar kerja. Tetapi Ewith Adwia Ramadhani Aliar menempuh jalan berbeda. 

MASIH sangat pagi, Kamis, 21 Januari 2021. Ewith sudah rapi dengan kemeja kotak-kotak. Bukan di kantor, melainkan di rumahnya sendiri.

Read More

Tangan kanan dara 22 tahun itu memegang botol berisi mayones. Dibalurinya bakso-bakso krispi itu dengan telaten. Ada pesanan cukup banyak di awal hari.

Ewith adalah “pegawai” sekaligus owner Ballfood, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dirintisnya pada 2018. Nama itu diambil dari menu jualan utamanya yaitu bakso pedas. Bakso berbentuk seperti bola, ball.

Masih banyak menu lain di Ballfood. Ada juga bakso krispi, ayam geprek, hingga ayam balado. Ballfood beralamat di BTP Samanggi, Kecamatan Simbang.

Alumnus Universitas Muslim Maros (Umma) mengisahkan, awalnya dia hanya iseng membuka usaha. Menunya pun cuma camilan. Namun ternyata punya peminat yang cukup banyak.

Dengan bermodalkan kurang dari Rp500 ribu, Ewith mulai melakukan promosi di media sosial. Target pemasarannya mulai dari sekolah hingga kampus. Juga penduduk sekitar.

Kini Ewith bisa mendapatkan omzet rata-rata Rp700 ribu per hari.

Di masa pandemi Covid-19, dia tak menyerah. Sebaliknya tambah semangat lantaran melihat ada peluang.

“Sekarang kan orang orang lebih banyak aktivitas dalam rumah. Jadi kita buka jasa delivery order. Pembeli tidak perlu keluar rumah. Tinggal pesan, diantarkan,” ujarnya.

Ewith punya harapan. Yakni Pemerintah Kabupaten Maros lebih memperhatikan pelaku UMKM. Pelaku usaha yang betul-betul ada usaha dan masih berjuang menuju fase stabil.

“Kalau UMKM diperhatikan, tentu kami juga bisa semakin berkontribusi meningkatkan perekonomian ta,” tuturnya.

Ewith mengaku menikmati rutinitasnya saat ini. Kecil-kecilan namun sudah bisa membuatnya mandiri. (asty utami) 

Penulis : | Editor :

Related posts