Hadapi Masalah Seorang Diri, Jika Tak Sanggup…

(FOTO: ILUSTRASI)

Oleh Hamka Mahmud*

JIKA kita dirundung masalah, ujian, dan cobaan silih berganti, cobalah hadapi sendiri dan jangan libatkan orang lain. Sebabnya, ada kalanya kita melibatkan orang lain justru menambah runyam masalah itu.

Read More

Biasanya hanya orang panik yang tidak percaya pada diri sendiri. Lalu mengharap melibatkan orang lain. Tuhan kasih kita kemampuan awal untuk menyelesaikan masalah apa pun yang menimpa.

Ini kaidah, Allah berfirman di dalam Alquran; لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ
(Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya), QS. Al-Baqarah: 286.

Adalah penulis yang hampir saja tertimpa musibah, yang kalau itu terjadi pasti jadi pemberitaan berbagai media. Masjid Dai Kamtibmas hampir saja mengalami kebakaran. Waktu pulang penulis isi ceramah motivasi kerja di Mapolres Maros, Senin, 10 Agustus 2020, penulis diminta istri memanaskan sisa nasi semalam. Istri penulis tak di rumah.

Via WhatsApp ia men-japri. Lalu penulis mengukus sisa nasi.

Asyik merangkai kata untuk menarasikan momen ceramah di Mapolres, sampai lupa ke dapur. Panci sudah kehabisan air, lalu nasi di dalamnya jadi bahan materi nyala api.

Sudah tampak menggungung api itu. Hingga penulis menoleh ke dapur yang tepat berdampingan dinding mihrab masjid. Penulis berusaha tak panik, apa lagi berteriak keras. Kemudian coba atasi masalah itu.

Spontan muncul di ingatan tentang cara menangani kompor yang ingin meledak. Penulis cabut regulator, lalu mengambil handuk, kemudian merendamnya di bak air. Setelah itu menelungkupkan ke panci yang sudah dikelilingi api.

Alhamdulillah, ujian terselesaikan. Tak ada yang mengetahui bahwa hampir terjadi kebakaran; tetangga maupun jemaah masjid.

Dari peristiwa itu, munculah ide untuk menulis artikel ini. Bahwa jika ditimpa masalah apa saja, maka ada kalanya kita libatkan orang lain membantu. Namun yang lebih awal kita dahulu yang hadapi masalah itu.

Ketika naskah buku DANI ditolak penerbit nasional, penulis berusaha buat bagaimana dapat jadi penerbit. Dan berhasil.

Maka, hadapi dahulu masalah Anda sendiri. Jika tak sanggup mengadulah kepada Allah. (*)

Hamka Mahmud. (FOTO: IST)

*) Penulis adalah Dai Kamtibmas. Bisa dihubungi via HP 081285693559

Penulis : | Editor :

Related posts