Pilkada Maros dalam Angka, Pertarungan di Media, dan Penetrasi Medsos

Oleh Ardiansyah Hasbi*

HARI yang dinanti itu masih cukup lama. Masih tiga bulan dua hari lagi. Tetapi pertarungan sudah lama dimulai.

Read More

Terbaru adalah kompetisi memperebutkan rekomendasi partai. Hasilnya, pasangan Andi Tajerimin Nur-Havid S Fasha dengan akronim Tahfids yang mengusung slogan “Maros untuk Semua” didukung empat parpol. Koalisi Golkar, PKB, Gerindra, Demokrat memegang 15 kursi dengan total suara (saat Pemilu 2019) sebanyak 79.397.

Andi Harmil Mattotorang-Andi Ilham Nadjamuddin dengan slogan “Maros Unggul” didukung dua parpol; Nasdem dan PKS (5+2 kursi) ditambah dua parpol tanpa kursi (Berkarya dan Garuda) dengan total suara saat Pemilu 2019 sebanyak 38.836.

AS Chaidir Syam-Suhartina Bohari dengan slogan “HatiKita Keren” didukung empat parpol yang memiliki kursi di DPRD (PAN, Hanura, PPP, PBB dengan total 13 kursi) dan dua parpol parpol nonparlemen (PDIP dan Perindo). Total suara saat Pemilu 2019 sebanyak 81.970.

Jumlah parpol dan raihan suara pada Pemilu 2019 lalu kemungkinan tidak akan terlalu berpengaruh terhadap tingkat keterpilihan. Kondisi emosional dan pola perilaku yang berbeda antara pileg dan pilbup. Namun tentu paslon yang memiliki banyak partai pengusung dan pendukung memiliki modal mesin atau pekerja politik yang bisa meningkatkan angka keterpilihannya.

Saat Pemilu 2019, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Maros sebanyak 82,3 persen dari jumlah DPT dengan total suara kurang lebih 202.714. Kemungkinan tingkat partisipasi pemilih akan menurun karena kondisi euforia yang berbeda dengan Pemilu 2019 (serentak antara pileg dan pilpres), juga dengan kondisi wabah Covid-19.

Untuk Pilbup 2020, ketiga paslon memiliki basis pemilih yang kuat di kecamatan tertentu. Basis pemilih akan beririsan antara dua paslon di kecamatan tertentu dan akan terjadi persaingan sengit antara tiga paslon di beberapa kecamatan, khususnya di Turikale sebagai ibukota kabupaten.

Di media sosial, pasangan Tajerimin-Havid dapat ditemukan di akun facebook @Andi Tajerimin Nur, @Tajerimin, @Tim Pemenangan Tajerimin, Tim Pemenangan Maros (TJ Maros Untuk Semua), @Hhavid S Fasha, @Havid Fasha, @Havid Fasha Fasha. Grup “kerabat TAHFIZD Maros untuk semua” dengan 345 anggota, “Tahfidz Maros Untuk Semua” dengan 436 anggota. Halaman atau page “Tim Pemenangan TJ Maros” disukai 674 akun, “Tim Pemenangan Tajerimin” disukai 1.321 akun, “H. Havid S. Fasha, SH” disukai 594 akun, “Sahabat Tajerimin” disukai 719 akun, Channel YouTube “Tim Pemenangan Tajerimin” dengan 37 subscriber.

Pasangan Harmil-Ilham dapat ditemukan di akun facebook dengan nama @Harmil Mattotorang sebanyak dua akun, @Andi Harmil Mattotorang (Andi Toto), @Ilham Nadjamuddin, @Andi Ilham Nadjamuddin, @Andi Ilham Nadjamuddin ii, @Millenial Ok Maros Unggul, dan @Maros OK. Grup “Sahabat Laskar Maros Unggul” dengan 103 anggota. Halaman atau Page “Maros Unggul” disukai 142 akun, “Sahabat Maros OK Kita Bisa” disukai 1.122 akun, “Ilham Nadjamuddin” disukai 1.335 akun, “Sahabat Ilham Nadjamuddin” disukai 1.716 akun, dan “Laskar Muda AIN” disukai 1.933 akun.

Pasangan Chaidir-Suhartina dapat ditemukan di akun facebook dengan nama @Chaidir Syam sebanyak dua akun, @Chaidir Syam ii, @Chaidir Syam v, @Suhartina Bohari sebanyak dua akun, Suhartina Bohari Hasrul (HaTi Community), @Relawan Hatikita Keren, @Garda Hati Kita, dan @Maros Karen. Grup “HATIKITA KEREN” dengan 323 anggota, Buletin “HATIkitaKEREN” dengan 741 anggota, “Sahabat Maros Keren (SMK) dengan 73 anggota. Halaman “HatiKita Keren” disukai 2.330 akun, “Hatikitakeren” disukai 655 akun, “Sahabat Hatikita_keren” disukai 505 akun, “Maros Keren” disukai 1.339 akun, “maroskeren2021” disukai 774 akun, “Maros Keren Community” disukai 353 akun, “Chaidir Syam II Suhartina Bohari II Hatikita Keren” disukai 551 akun. Pasangan Channel YouTube “HATI KITA KEREN TV” dengan 195 subscriber.

Sejak 1 Juli 2020 media fajar.co.id memberitakan pasangan Tajerimin-Havid sebanyak satu kali, pasangan Chaidir-Suhartina tiga kali, dan pasangan Harmil-Ilham tanpa pemberitaan.

Media tribunnews.com memberitakan pasangan Tajerimin-Havid sebanyak lima kali, pasangan Chaidir-Suhartina 29 kali, dan pasangan Harmil-Ilham sebanyak empat kali. Media rakyatsulsel.co memberitakan pasangan Tajerimin-Havid sebanyak lima kali, pasangan Chaidir-Suhartina sebanyak enam kali, dan pasangan Harmil-Ilham sebanyak tiga kali.

Media sindonews.com memberitakan pasangan Tajerimin-Havid sebanyak dua kali, pasangan Chaidir-Suhartina tiga kali, dan pasangan Harmil-Ilham dua kali.

Media lokal beritamaros.com memberitakan pasangan Tajerimin-Havid sebanyak tiga kali, pasangan Chaidir-Suhartina 14 kali, dan pasangan Harmil-Ilham tiga kali.

Media matamaros.com memberitakan pasangan Tajerimin-Havid sebanyak empat kali, pasangan Chaidir-Suhartina sembilan kali, dan pasangan Harmil-Ilham enam kali. Dilihat dari isi dan judul berita, seluruh media online memberitakan ketiga pasangan dengan sentimen positif.

Segala ulasan di atas hanya angka. Hal yang sangat mungkin (dan pasti) akan bergeser seiring waktu. Apalagi pertarungan sesungguhnya memang baru akan dimulai ketika para kandidat itu resmi dinyatakan sebagai calon. (*)

*Mahasiswa Program Pascasarjana STIA LAN

Penulis : | Editor :

Related posts