Bisa Langsung Menang, Begini Teori Desainer Maskot Kera Macaca Pilkada Maros

MAROS, MM – Langsung juara. Padahal, baru kali ini Husain Jaelani mengikuti sayembara desain di kampung sendiri. Sebelumnya, dia banyak mengikuti lomba secara daring.

Minat untuk menggeluti dunia desain sudah ada sejak duduk di bangku SMP. Kala itu, dia juga tergabung dalam Masyarakat Seni Salima yang sedang kekurangan tenaga administrasi dan publikasi.

Read More

“Nah, publikasi kan butuh desain-desain. Jadi saya inisiatif belajar. SMP mulai. Ada tiga komputer itu yang rusak gara-gara sering dipakai,” ungkap Husain yang ditemui MataMaros.com, beberapa waktu lalu.

Aplikasi pertama yang diutak-atik, yaitu Corel Draw. Betul-betul autodidak. Belum ada panduan. Nanti, pada saat SMA, dia baru belajar teori desain lewat Google.

“Saya sekalian belajar Photoshop juga karena mau bersentuhan langsung dengan dunia fotografi,” imbuh lelaki berusia 31 tahun ini.

Simpel. Itulah teori utamanya saat mendesain. Termasuk teori yang dipakai saat mengikuti sayembara maskot Pilkada Maros 2020 di KPU, tahun lalu. Dia memilih macaca maura.

“Sederhana saja waktu itu. Saya memang berpikirnya langsung mengambil endemik langka yang ada di Karaenta, dekat Bantimurung, macaca. Maskot lain yang saya lihat, ada juga pakai roti Maros,” ungkap Buyung, sapaan karib Husain.

Ayah dua anak ini baru pertama kali mengikuti sayembara di Maros. Tetapi langsung memenangkannya. Selama ini, ia aktif berkompetisi secara daring di designcrowd.co.id.

“Sudah puluhan yang saya pasang. Alhamdulillah, selalu menang. Sebulan, biasanya saya setor dua logo,” sebut Buyung.

Jika menang, karyanya dibayar dengan dolar. Nilainya sampai USD30. Selain aktif mendesain di luar, Buyung juga kini bekerja di salah satu perusahaan pengembang perumahan.

Alumnus SMPN 2 Maros itu juga menerima tawaran bikin logo secara personal maupun kelembagaan. Jasanya itu dibayar hingga Rp1,2 juta per desain.

“Kalau bikin logo, saya biasanya selesaikan dalam satu jam. Paling lama tiga hari, seperti maskot macaca,” ungkapnya. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.